Kepulauan Yapen- Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam Roberth Manderi pimpin apel gelar pasukan Operasi Kepolisian terpusat Ketupat tahun 2024 yang dilaksanakan di halaman Mapolres setempat, Rabu 03 April.

Kegiatan dimulai dengan pengecekan personil yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Damkar, Tenaga Kesehatan, BPBD dan Ormas Banser oleh Bupati didampingi Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Herzoni Saragih, Dandim 1709/YAWA Letkol INF Baskoro dan Kepala Kejaksaan Negeri Serui, Hendry Marulitua . Kegiatan dilanjutkan dengan penyematan pita kepada perwakilan personil sebagai tanda mereka siap melaksanakan tugas Operasi Ketupat tahun 2024

Pj. Bupati Welliam Manderi saat membacakan Amanat tertulis Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, Operasi dengan sandi Ketupat 2024 ini merupakan operasi untuk pengamanan Idul Fitri tahun 2024. Upaya ini, dimaksudkan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat pada perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 1445 H / 2024 M

Ia menerangkan berdasarkan survei indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

“Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 dibandingkan tahun 2023. Berkaitan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali kenaikannya,” terangnya.

“Untuk menjawab tantangan tersebut TNI, Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi Ketupat 2024,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Yapen mengungkapkan, operasi ini melibatkan 155.165 personil yang akan bertugas selama 13 hari mulai tanggal 4 sampai dengan 16 April 2024.

“Dalam operasi ini, untuk Kepulauan Yapen telah dipersiapkan tiga titik pos pengamanan, yang terdiri dari 150 gabungan personil keamanan” tuturnya.

Dirinya berharap pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan Optimal.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Herzoni Saragih menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024.

“Adapun sasaran operasi ini, ada tiga sasaran yaitu tempat, orang dan barang, pengamanan pada puncak mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah,” Ungkap Kapolres Yapen”

“Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat Islam yang merayakan,” ucap perwira melati dua dipundak.

Selama kegiatan berlangsung dengan keadaan tertib, lancar, dan aman. (Prokopim/ RM)