Kepulauan Yapen, – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen beserta Forkopimda melakukan Panen Hasil Pertanian milik masyarakat di Kampung Panduami pada Rabu, 3/04/2024. Panen hasil ini berlangsung di kelompok Sinar tani panduami yang beranggotakan

18 orang yang mengelola lahan seluas 10 hektar, namun baru digarap 1 hektar. Welliam Manderi mengatakan bahwa Lahan ini banyak untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, sehingga Pemerintah Daerah akan membantu mendorong sehingga pertanian masyarakat ini betul betul bertumbuh dan berkembang,

Sementara itu, Tegel selaku Pembimbing kelompok tani panduami mengatakan bahwa la optimis apa yang dikerjakan oleh kelompoknya ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Secara khusus masyarakat asli pemilik Ulayat. Dikatakannya bahwa selama ini, lahan ini dikelola secara tradisional dan telah berlangsung selama 6 tahun.

Terpantau, penjabat Bupati Kepulauan Yapen langsung menanam beni jagung yang dilanjutkan dengan memanen cabe hasil kebun serta pare. Hasil ini pun langsung diborong oleh sejumlah kepala OPD yang turut hadir bersama penjabat Bupati Kepulauan Yapen.

Sebelumnya, di UPT Kebun Dinas Pertanian Kampung Kamanap Distrik Kosiwo, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen juga melakukan penanaman perdana Cabe secara simbolis di lahan seluas 5 hektar. Kepada Media, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi mengatakan bahwa penaman bibit ini adalah berkaitan dengan ketahanan pangan, hal ini juga merupakan program prioritas pemerintah pusat yang dilaksanakan di daerah dan sebagai salah satu usaha untuk menelan inflasi di daerah, dirinya juga bersyukur karena hingga kini Sebagai salah satu program prioritas dalam menekan laju inflasi, ketahanan pangan masih dapat dikontrol ujarnya.

Editor: Andrew Woria