Billy G. Mambrasar Pastikan akan akomidir aspirasi petani Kopi Ambaidiru

Reporter : Andrew Woria

Manainin – Staf Khusus Milenial Presiden, Billy G. Mambrasar memastikan akan menyampaikan informasi yang diterimanya dari warga masyarakat Ambaidiru (Petani Kopi) Terkait pengembangan Kopi Ambaidiru di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Hal ini disampaikan Billy ketika berkunjung dan melihat secara langsung proses produksi kopi di Bumdes Kampung Manainin, Pegunungan Muman pada hari Senin, 21 Juni 2021.

Kehadiran Billy kali ini secara langsung di dampingi oleh Wakil Bupati Frans Sanadi, Asisten I Pemerintahan,  Erny Tania, sejumlah Pimpinan OPD, Kepala Distrik Kosiwo dan Kepala Kampung.

Kepada kepyapenkab.go.id, Stafsus Billy menjelaskan bahwa dari diskusinya dengan beberapa potensi pembeli, dirinya menemukan bahwa ada kesulitan dalam mendapatkan kopi dimana kebutuhan konsumsi kopi sangat tinggi untuk memenuhi pasar domestik maupun luar Negeri sehingga dari pertemuan ini, ada beberapa poin yang menjadi catatan antara lain, pemastian suplai yang konsisten secara kuantitas maupun kualitas, selain itu dibutuhkan juga investasi awal untuk peremajaan kebun produksi maupun penambahan peralatan kapasitas petani lokal.

” Yang menjadi catatan adalah inpres No. 9 tahun 2020, yaitu percepatan pembangunan provinsi Papua dan Papua Barat yang diinstruksikan oleh Presiden Jokowi, yang terdiri dari 8 poin rencana aksi besar, dan salah satunya adalah Papua hijau yang terdiri dari pembangunan ekonomi berbasis pertanian komiditas, yang melibatkan masyarakat asli orang Papua (OAP) secara inklusif dan perkebunan pertanian kopi ini adalah bagian dari salah satu yang menjawab rencana aksi tersebut. ” ujarnya.

Billy juga menyebutkan bahwa pemerintah pusat akan mendukung penuh rencana ke depannya, serta akan melakukan rapat bersama kementrian pertanian dan Dirjen Tanaman Perkebunan, serta melihat kemitraan program-program nasional dengan program daerah, untuk membawa kopi Ambaidiru menjadi suplai utama dengan level Nasional.

(foto dan video : C.R.I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat