KEPULAUAN YAPEN – Memperingati hari Pahlawan Nasional 10 November 2023, Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.I.P., M.I.P., selaku Inspektur Upacara beserta prajurit, penjabat Bupati diwakili asisten II Setda Oktovianus Ayorbaba, SE, S.Sos, M.Si., beserta seluruh ASN, Wakapolres KOMPOL Nursalam Saka mewakili kapolres Kepulauan Yapen beserta Anggota Polres Yapen, FKPP , Mahasiswa, Pramuka, seluruh murid Sekolah SD, SMP, SMA yang di wakili beberapa murid dari setiap sekolah, melaksanakan Upacara di Lapangan Trikora, Alun-alun Serui, Jumat (10/11/2023).

Amat Menteri Sosial Tri Rismaharini yang di bacakan Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.I.P., M.I.P., segala puji bagi Tuhan Semesta Alam, hari ini 10 November 2023 kita memperingati Hari Pahlawan, hari yang sangat bermakna bagi kehidupan kita berbangsa dan bernegara.

Saudara-saudara, sebangsa, se tanah air Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah.

Menteri Sosial Tri Rismaharini Mengatakan sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi, sengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

“Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan”

Oleh sebab itu Tri Rismaharini berharap dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri, semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945.

Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan, menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Tri Rismaharini berpesan, kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, Mewujudkan masa depan yang lebih baik, Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera, selamat Hari Pahlawan tahun 2023.

Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Setelah upacara di lanjutkan dengan upacara berziarah ditanan makam pahlawan yang dipimpin Wakapolres KOMPOL Nursalam Saka mewakili kapolres kepulauan yapen dan penaburan bunga di pelabuhan. (*)