Situs Resmi Pemerintah Kepulauan Yapen
BERANDAINDEKS
Berita  

Hadir Ke Distrik dan Kampung, PJ. Bupati Welliam R. Manderi Melihat Sapras dan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat.

Prokopim Setda Yapen – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Welliam Roberth Manderi mengunjungi sejumlah Distrik dan Kampung di pelosok Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kehadiran Pj Bupati ke Distrik yang letaknya cukup jauh dari kota Serui ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen dengan kondisi geografis yang cukup sulit membuat PJ Bupati harus menggunakan Speadboat dengan jarak tempuh 2-3 Jam, untuk mendatangi setiap Distrik bahkan PJ Bupati bersama rombongan harus bermalam.

Kunjungan kerja PJ Bupati Welliam Manderi didampingi Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen Erny Renny Tania, Kadis DMPK Kepulauan Yapen Jan Larmatan, Kadis Perikanan Yapen Daniel Reba, Kadis Kesehatan Kepualuan Karolis Tanawani, Ketua IDI Kepulauan Yapen dr. Jerry, Kabid Trantib SatPol PP Andarias Kaisiri dan rombongan disambut antusias masyarakat.

Adapun Distrik yang sudah dikunjungi PJ Bupati Welliam Manderi bersama rombongan diantaranya, Distrik Yapen Barat tepatnya di kampung Webi Marau dan Distrik Wonawa.

Setelah bermalam di distrik Wonawa tepatnya dikampung woi, dan paginya Pj Bupati Welliam Manderi bersama rombongan berkunjung ke kampung Kanaki dan Woinap.

Kehadiran Pj Bupati Welliam Manderi disambut prosesi injak parang diatas piring dikampung Kanaki, sedangkan di kampung Woinap Kehadiran Pj Bupati bersama rombongan disambut prosesi injak piring dan tarian adat.

Selepas dari kampung Woinap, Pj Bupati Welliam Manderi dan rombongan menuju Distrik Windesi, namun kondisi yang cuaca laut wilayah utara Kepulauan Yapen yang kurang baik, sehingga, speed kembali lewat laut wilayah selatan.

PJ Bupati Welliam Manderi menjelaskan bahwa kehadirannya dalam kunjungan kerja sekaligus bersilaturahmi dan melihat secara langsung kondisi di Distrik dan Kampung serta serta mendengar kendala, masukan dan saran dari masyarakat yang ada di setiap Distrik dan Kampung mulai dari sarana dan prasaran Distrik dan Kampung, Pelayanan Publik di Sekolah – Sekolah, Puskesmas, kelompok usaha, Nelayan, Rumah Ibadah, hingga fasilitas lainnya

PJ Bupati Welliam Manderi menyebutkan, dalam kunjungannya tersebut dirinya meminta masyarakat untuk terus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, mendukung proses tahapan hingga pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. Serta meminta para kepala Kampung agar pengelolahan dan alokasi Dana Desa (DD) harus tepat sasaran kepada masyarakat.

PJ Bupati menerangkan, untuk fasilitas pemerintahan mulai dari kantor Distrik, Puskesmas, sekolah – sekolah hingga rumah ibadah, infrasturktur jalan dan jembatan, air bersih, penerangan, dan jaringan telekomunikasi masih banyak hal yang harus dibenahi mulai dari gedung beserta fasilitas pendukung serta petugas yang masih kurang. Dalam kesempatan tersebut PJ Bupati bersama rombongan menyerahkan buku tulis untuk siswa SD di sejumlah Distrik dan bingkisan bagi anak-anak.

“Sejak Kamis kemarin, saya didampingi Sekretaris Daerah, pimpinan OPD berserta rombongan melakukan kunjungan ke Distrik – Distrik. Dalam kunjungan tersebut tentunya kami bisa melihat dan mendengar secara langsung kondisi dilapangan, serta mendengar kendala masukan dan saran dari masyarakat,”ungkapnya.

PJ Bupati menerangkan, aspirasi berupa saran dan masukan yang diterima pihaknya nantinya akan menjadi prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Yapen kedepannya.

“Banyak keluhan saran dan masukan yang kami terima dan itu akan menjadi fokus kebijakan prioritas pembangunan yang akan kami programkan kedepannya, namun kita ketahui bahwa tidak semua kita dapat lakukan secara serentak. Akan tetapi secara bertahap dan berkelanjutan akan kami realisasikan mulai dengan melihat program yang prioritas dan urgent di masyarakat,” ungkapnya.

Selain mendengarkan keluhan dan masukan dari masyarakat Pj Bupati Welliam Manderi juga memberikan sejumlah bantuan kepada kelompok nelayan berupa motor tempel tapi juga bantuan kepada kelompok usaha bersama serta bantuan lainnya yang spotanitas bagi masyarakat.

Editor: Robby Mesak / Sumber Prokopim Setda Yapen