Situs Resmi Pemerintah Kepulauan Yapen
BERANDAINDEKS

Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor, Pj Bupati Welliam Manderi Sebut “Mitigasi Akan Dilakukan Pemda Yapen”

SERUI – Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Welliam R. Manderi, SIP., M.Si bersama para Kepala dinas turun meninjau lokasi-lokasi banjir dan langsong di distrik Anotaurei dan Yapen Selatan pasca banjir 22 Mei 2024 yang mengakibatkan banjir serta jembatan rusak.

Turun meninjau langsung lokasi-lokasi banjir dan longsor, Pj Bupati menyampaikan bahwa tinjauan ini langsung pemda asesmen agar dapat dibahas bersama dinas-dinas terkait untuk kebijakan penanganan atau sebagai solusi atas masalah ini.

“Hari ini saya turun meninjau lokasi-lokasi yang banjir dan longsor kemarin, akibat curah hujan yang sedang hingga┬á deras yang mengakibatkan banjir dan longsor. Lokasi-lokasi yang kami tinjau ini memang banyak terjadi pengikisan disepanjang bentaran kali atau sungai yang terjadi di Anotaurei dan Yapen Selatan. Tepatnya di beberapa kampung, yaitu kampung Mantembu, Yapan, Kando, hingga Banawa dan Mariadei” tutur Manderi.

Lanjut Pj Bupati Yapen menghimbau bahwa “namanya juga musibah, kita tidak tau kapan saja bisa terjadi. Untuk itu saya menghambau kepada seluruh masyarakat agar selalu siaga dan waspada pada saat hujan sedang hingga lebat. Saya bersama kepala dinas PU dan BNPB hari ini meninjau kondisi lapangan yang sekaligus asesmen untuk mitigasi yang akan dilakukan pemerintah daerah” pungkas Pj Bupati.

Dalam tinjauan ini juga Pj Bupati memberikan edukasi dan larangan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan selokan. Juga menghimbau agar galian C tidak diambil secara berlebihan yang mengakibatkan banjir dan longsor. (*)