Serui – Sudah 15 tahun, Organisasi Muslimat NU Kabupaten Kepulauan Yapen telah intens melakukan perannya sebagai mitra pemerintah. Hal ini disampaikan secara langsung oleh ketua cabang pengurus Muslimat NU Kabupaten Kepulauan Yapen, Hj Nonce Senen, S.Pd, MM.Pd dalam sambutannya di Peringatan Hari Lahirnya Muslimat Nahdlatul Ulama ke-76 yang dilanjutin dengan Perayaan Halal BI Halal tahun 2022.Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan muslimat di kabupaten kepulauan Yapen yang berlangsung di Gedung Silas Papare Serui pada Selasa, 10/05/2022. Sebelum memulai sejumlah rangkai acara, diawali dengan pembacaan ayat Suci Al-Quran dari dalam kitab Al-Imran ayat 133- 136 yang dibacakan oleh ibu Kartika.

Dalam laporan panitia disampaikan bahwa Maksud dan tujuan kegiatan Harla Muslimat NU ke 76 adalah untuk mengukuhkan komitmen kepengerusan dalam mengembangkan amanat untuk mengembangkan organisasi NU, dengan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan adalah sejumlah kegiatan bersifat pembinaan mental dan spiritual, kegiatan amal berupa bakti sosial, safari Ramadhan dan buka puasa bersama, seminar ketahanan pangan dan puncak peringatan harla muslimat NU ke 76 diperingati pada hari Selasa 10 Mei 2022.

Hj. Nonce Senen, S.Pd, MM.Pd menjelaskannya bahwa kehadiran organisasi muslimat NU di Yapen telah lama namun kiprah nya secara efektif baru sekitar kurang lebih 15 tahun, muslimat NU telah melakukan peran nya sebagai mitra pemerintah dalam berbagai bidang, dan kedepan peran ini akan semakin di tingkatkan dalam upaya mensejahterakan masyarakat di kabupaten kepulauan Yapen. Menyadari sebagai salah satu organisasi wanita terbesar di Indonesia, maka muslimat NU di kepulauan Yapen sejauh ini telah mengembangkan potensinya di berberapa bidang seperti bidang pendidikan, bidang sosial, bidang kesehatan, bidang ekonomi, bidang keagamaan.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos yang dibacakan oleh Asisten III Administrasi Umum, Wahyudi Irianto mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapenmemberikan apresiasi atas keberadaan kaum muslimat NU dan Berharap dapat lebih berperan dalam membentuk serta mewujudkan kaum muslimat Indonesia secara khusus kaum Muslimat kabupaten kepulauan Yapen.

Foto : Andrew Woria