Reporter : Robby Mesak

Serui – Merupakan hari kelima, Pelaksanaan Vaksinasi Massal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Warga Masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen terus berupaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Hari ini, Jumat, 09/07/2021 dilaksanakan Vaksinasi Massal di Pasar Setral Aroro Iroro Serui yang sedianya akan dilakukan dalam dua hari dimulai dari tanggal 09-10 july 2021, Himbauan terus di seruhkan oleh Orang Nomor satu di kabupaten Kepulauan Yapen, Bupati, Tonny Tesar, S.Sos

Bupati Tonny Tesar, S.Sos saat memberikan himbauan mengatakan khusus bagi mereka yang belum menyadari, Ia mengajak agar perlu adanya kesadaran bahwa Pandemi Covid-19 ini adalah tanggungjawab bersama, dan bukan pemerintah dan tenaga medis saja yang bertindak memutuskan penyebaran virus Covid-19.

“Sudah hari kelima tenaga kesehatan (Nakes) terus menerus bekerja memberi pelayanan vaksinasi massal dalam menekan penyebaran virus Covid-19, tinggal kesadaran dari diri kita dan keluarga memberi dukungan untuk di Vaksin.” Jelasnya

Bupati melanjutkan, jangan kuatir tentang isu yang berkembang terkait vaksin ini bisa jadi alat pendeteksi orang ataupun hingga membuat seseorang meninggal dunia, Bupati menekankan bahwa hal itu tidak benar (Hoax). Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia juga sudah di vaksin dan dirinya pun juga sudah divaksin dan saat ini baik-baik saja, sebaliknya jika tidak divaksin hal ini lah yang akan berpeluang untuk terpapar Covid-19 atau memiliki resiko yang tinggi.

Ia juga menambahkan terkait pentingnya vaksinasi atau imunisasi ini bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat untuk melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Sehingga tujuan yang ingin dicapai dari pemberian vaksin Covid-19 ini adalah guna menurunkan angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah tidak punya maksud untuk melarang ataupun memaksakan sebab hal ini hanya merupakan sebuah himbauan, sehingga setiap orang memiliki hak untuk memilih, namun yang terpenting yaitu jangan sampai hak kita merugikan orang lain, tandasnya.

Sementara itu, Andreas Rouw seorang warga, yang juga merupakan teman sebangku sekolah dengan Bupati Tonny Tesar, S.Sos mendengar pentingnya himbauan dan Vaksinasi Gratis oleh Pemerintah Daerah ini, oleh sebab itu ia memutuskan untuk mendaftarkan diri guna divaksin oleh nakes.

Bupati Tonny Tesar, S.Sos, didampingi Wakil Bupati Frans Sanadi, S.Bc, S.Sos, MBA, Sekretaris Daerah Ir. Alexander Nussy, MM, Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP dan Pimpinan OPD terus melakukan pendampingan bagi warga masyarakat yang melakukan vaksinasi.

(Foto & Vidio : C.R.I & Robby Mesak)