Reporter : Andrew Woria

Miosindi – PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, melakukan satu kegiatan yang dinamai Hatinya PKK. Dimana berlangsung di Kampung Nurawi Miosindi, Distrik Poom. Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Ketua DPRD Kepulauan Yapen beserta Anggota, Asisten III Setda, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Ketua PKK dan Anggota, Ketua GOW, kadistrik, kapala kampung.

Dalam arahan Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar menyampaikan bahwa, hatinya PKK dalam artiannya adalah Halaman Astri Teratur Indah dan Nyaman, dimana dimana dapat diartikan juga menggunakan tanaman yang bermanfaat akan terlihat rapi, indah, halaman tidak hanya ditanam bunga namun harus bisa dimanfaat untuk kebutuhan asupan gizi, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Upaya PKK dan pemerintah daerah, agar masyarakat bisa mendapat asupan yang seimbang terutama memanfaatkan halamannya. Walaupun di kabupaten melihat angka kecukupan gizi yang baik, namun masih ditemukan angka stunting sehinga hal ini adalah salah satu upaya yang baik yang dilakukan.

Selain itu diharapkan pulau ini dapat ditingkatkan sebagai daerah tujuan wisata, sehingga bisa mendapat kebutuhan sayur mayur disini. Jika dilakukan secara baik, dapat memberikan manfaat bagi keluarga dan manfaat ekonomi bagi warga. Selain itu Bupati berterima kasih kepada Ibu-Ibu PKK yang bisa hadir mendampingi kegiatan ini, juga kepala kampung diminta untuk menjaga dan mendorong program pemerintah ini, sehingga program ini bisa jalan terus, ungkapnya.

Warga masyarakat di Nurawi diajari tentang pembuatan hidroponik sederhana, serta pembuatan minyak VCO (Virgin Coconut Oil), dan diharapkan agar bisa diterapkan dikemudian hari. Bupati berkesempatan melakukan penanaman bibit dan kembali menyerahkan bibit kepada ibu kepala kampung Nurawi, tak sampai disitu Bupati di dampingi ketua PKK kabupaten juga melakukan pemberian vitamin kepada anak-anak dan balita.

(Foto dan video : Robby Mesak & C.R.I)