Hari ini, Paud Martha Rambai bersama 2 Paud Di Distrik Nusawani Tamatkan Peserta Didik Tahun 2021/2022.

Kabuena – Paud Martha Rambai Distrik Yawakukat pada hari, Rabu 15/06/2022 menggelar Penamatan dan Perpisahan Peserta Didik Kelompok B tahun ajaran 2021/2022. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Feri Kabuena ini dihadiri langsung oleh Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Wahyudi Irianto, Kepala distrik Yawakukat, Pengawas TK dan Paud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kepala Kampung Rambai maupun Kepala Kampung Kabuena.

Dalam laporan Kepala Paud menjelaskan bahwa jumlah anak didik dari tahun ajaran 2011 – 2012 hingga 2021, ada 137 anak didik yang menamatkan pendidikan usia dini. Sementara untuk Tahun 2021 dan 2022 jumlah anak perempuan yang menamatkan pendidikan paud berjumlah 8 orang sementara laki laki sebanyak 8 dengan total 16 Orang anak didik yang ditamatkan. Selain Paud Martha, acara yang sama juga dilaksakan secara bersamaan oleh Paud Avieto Dorau mematikan 7 Orang Murid, diantara laki laki 4 dan 3 perempuan, sementara Paud Elim Nuniandei menamatkan 9 murid diantaranya Laki Laki 5 orang serta perempuan 4 Orang

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten kepulauan Yapen yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Yusuf I Moai menjelaskan bahwa untuk memajukan pendidikan maka harus ditanamkan pendidikan dari dasar, sehingga paud dan TK harus menjadi bagian yang diperhatikan bersama.Terkait calistung menurut Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah menjadi masalah yang harus diperhatikan bersama. Menurutnya salah satu penyebab nya adalah kurangnya ada kerjasama baik dari orang tua maupun pihak Sekolah. Menurutnya Perhatian pendidikan harus menjadi perhatian bersama, ujarnya. orang tua juga diminta harus memperhatikan perkembangan anak anak. Dari data yang ada, pendidikan paud harus masuk ke seluruh kampung kampung dan ini menjadi PR bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dirinya percaya bahwa ketika membuka ruang bagi pendidikan dasar maka yang menjadi gejolak atau tantangan akan teratasi dengan sendirinya.

Sementara itu Plh Sekretaris Daerah, Ir. Wahyudi Irianto memberikan apresiasi kepada orang tua tentang betapa pentingnya pendidikan anak usia dini. Hal ini dinilai karena anak anak ini sudah mulai ditanamkan pendidikan sejak dini. Dalam sambutan Bupati Kepulauan Yapen, menyebutkan bahwa acara ini adalah pertanda berakhir nya proses belajar mengajar tahun ajaran 2021/2022. Sekaligus diterjemahkan sebagai wujud keberhasilan para pendidik atau tutor sebagai ungkapan Rasa sukacita atas perjuangan pendidik, begitu juga perjuangan anak anak dalam usia dini yang boleh menamatkan pendidikannya. Asisten III Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen ini juga mengucapkan selamat disertai terima kasih dan apresiasi kepada pengajar di 3 paud.

Dirinya berharap Semoga momentum ini dapat memotivasi semua untuk lebih bersemangat, giat dan tekun dalam melaksanakan tugas tanggung jawab dalam memberikan pendidikan usia dini. Ada beberapa pesan yang disampaikan pemerintah daerah yaitu kepada pengawas dan pelaksana pendidikan agar memberikan integritas yang baik dalam tugas dan tanggung jawab nya. Sementara itu Kepada orang tua wali agar tetap mendukung proses pembelajaran di Paud serta memberikan pendampingan dan pengawasan dalam bidang kesehatan, kerohanian karena pendidikan bagi anak usia dini tidak hanya sampai disitu saja namun masih melanjutkan ke bangku Sekolah dasar karena anak anak ini adalah aset kita ujarnya

Foto : Andrew Woria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat