Prokopim Setda Yapen, Serui – Puncak peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen dilaksanakan di Gedung Silas Papare pada Kamis (21/12/2023). Acara dihadiri oleh Pj. Bupati Welliam R Manderi, SIP, M.Si., Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen Erny Renny Tania, S.IP., Asisten III Ir. Whayudi Irianto., Forkopimda, Para Kepala OPD, dan Para Ketua Organisasi Wanita Se-Kepulauan Yapen.


Dalam sambutanya, Pj Bupati William Manderi Mengucapkan selamat hari ibu serta terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan kontribusi yang di berikan bagi keluarga-keluarga Indonesia, oleh sebab itu ia berharap dengan peringatan hari ibu di Tahun ini bisa menjadi momentum yang semakin menyemangati dan mendorong para ibu untuk lebih pro-aktif dan inovatif dalam perannya sesuai tugas dan tanggung jawab yang di emban.

Lanjutnya, ia menjelaskan peringatan hari ibu Tahun 2023 mengangkat tema Nasional “Perempuan Berdaya dan Berkarya, Indonesia Maju” sebuah tema yang diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi semua pihak untuk sanantiasa mendukung kaum perempuam menuju pembangunan yang adil dan setara, dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga perempuan dapat berguna untuk kemajuan Indonesia.


Ia menyampaikan bahwa semua stakeholder terkait, baik itu Organisasi Perangkat Daerah, GOW, Tim Penggerak PKK, Organisasi Kegamaan agar terus bersinergi dan berkolaborasi agar kaum perempuan merekapun dapat bersuara berdaya dan berkarya dalam pembangunan berkelanjutan pada bidang aspek dan kehidupan bermasyarakat di Kepulauan Yapen.

Untuk itu ia berpesan bagi kaum perempuan di Yapen agar tetap loyal dan bersemangat dalam melakoni peran sebagai ibu bagi anak-anaknya, sebagai istri dalam menopang suami dan juga di era kesetaraan gender pada saat ini, kaum perempuan juga merupakan tulang punggung keluarga serta penentu keberhasilan pembangunan, tidak kalah bersaing dengan kaum pria.


Tak lupa dari itu, di akhir sambutannya ia mengingatkan bagi kaum perempuan agar jangan lupa untuk menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu dan Pemilukada 2024, serta berpartisipasi dalam mendukung perayaan Natal 2023 dan Tahun baru 2024.