Reporter : Robby Mesak

Kepulauan Yapen, Serui – Wakil Bupati Frans Sanadi, B. Sc, S. Sos, MBA, memimpin apel pagi bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen sekaligus dirangkaikan dengan peringati Hari Kesehatan Nasional pada Jumat 12 November 2021 yang ke-57 Tahun. Bertempat di halaman kantor Sekretariat daerah diikuti oleh Sekretaris Daerah Ir. Alexander Nussy, MM., Pimpinan OPD, Para Pejabat Esellon 2 dan 3, serta Staf ASN, Siswa Prakerin SMK YPK dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Dalam amanatnya Wakil Bupati Frans Sanadi, B. Sc, S. Sos, MBA secara langsung menyampaikan Pidato menteri kesehatan Republik Indonesia kepada seluruh ASN.

“Memperingati hari kesehatan nasional yang ke-57 pada tanggal 12 november 2021 dengan Tema  “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku.” seiring dengan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat indonesia untuk bahu membahu dan bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi covid-19.” Ujar Wabup Frans

Dikatakan Wabup Frans , dalam membaca pidato Menkes menyampaikan peringatan HKN ke-57 di tahun 2021 ini dapat kita jadikan momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi covid-19, serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan covid-19. Selain itu juga mendorong penguatan fasyankes dalam upaya kesehatan promotif dan prefentif. Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Karolis Tanawani ketika diwawancarai mengatakan dalam pelaksanaan HKN kali ini dengan tema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku, Ini menjadi suatu semangat bagi kita, yaitu bagaimana kita bisa mengatasi pandemi covid-19.

“Kepada semua komponen, berkat kerja sama kita semua, penanganan covid-19 mulai dari maret Tahun 2020 sampai di hari ini (12/11), sangat signifikan, bisa di lihat dari data kasus terakhir kita ada di angka 1.015, namun penanganan yang sangat efektif dari Pemerintah Daerah, TNI-POLRI, Media Massa, dan semua warga masyarakat kita sama-sama bahu membahu kita bisa mengatasi covid-19. di kabupaten Kepulauan sehingga hari ini (12/11) kita tidak ada kasus” Ungkap Kadinkes

Disampaikan kadinkes bahwa, melalui moment HKN ke-57 ini, Dinkes telah melaksanakan beberapa kegiatan pelayanan dasar, pelayanan kesehatan esensial, dimana dari monitoring dinkes, ada beberapa distrik pada kabupaten Kepulauan Yapen yang cakupan kesehatan esensialnya sangat rendah sekali, terutama di penggunungan muman distrik Kosiwo dan distrik Pantura sebelah timur, dimana dinkes melakukan intervensi ke distrik tersebut untuk melakukan pelayanan. pungkas Kadinkes

Setelah melakukan Apel bersama, dilanjutkan dengan jalan sehat yang dipimpin Wakil Bupati Frans Sanadi, B. Sc, S. Sos, MBA dan diikuti oleh Sekretaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, MM., Pimpinan OPD, Para Pejabat Esellon 2 dan 3, serta Staf ASN, Siswa Prakerin SMK YPK.

( Foto & Video : Robby Mesak )