Situs Resmi Pemerintah Kepulauan Yapen
BERANDAINDEKS

Pj Bupati Welliam Manderi Tinjau Jalan Tatui – Mambo yang Nyaris Putus Karena Banjir, Mitigasi Segera Dilakukan Pemda Yapen !

PROKOPIM SETDA РPenjabat Bupati Welliam R. Manderi, SIP.,M.Si didampingi Sekretaris Daerah Erny R. Tania, S.IP bersama para Asisten, staf Ahli dan Kepala OPD meninjau langsung  jalan kampung Tatui РMambo, Distrik Kosiwo yang nyaris putus akibat banjir, Jumat 31/5/2024.

Tinjauan langsung ini, Pj Bupati meminta kepada dinas teknis terkait untuk mitigasi sebagaimana mestinya agar badan jalan ini tidak tambah rusak, karena akses jalan ini sangat penting untuk masyarakat di pegunungan Muman.

“Kami pemerintah daerah terus berupaya melakukan apa yang bisa menjadi tanggungjawab pemerintah. Mitigasi pada pada daerah-daerah rawan banjir dan longsor segera kami lakukan, salah satunya adalah peninjuan lapangan seperti ini agar melihat langsung kondisi akibat musibah tersebut. Kami menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siaga karena bencana datang tidak ada yang tau” tutur Pj Bupati Manderi.

Welliam Manderi juga meminta kepada dinas terkait untuk segera melakukan normalisasi sungai, agar kerusakan-kerusakan akibat banjir atau longsor dapat diatasi.

“Normalisasi sungai menjadi penting ! Talud bronjong atau beton (batu tahu) kiranya dapat dipasang pada area ini agar badan jalan yang hampir putus ini tidak tambah rusak. Pemerintah terus berupaya dengan anggaran yang ada tapi juga upaya-upaya lainnya terus akan kami berikan kepada masyarakat, salah satunya juga meminta kepada PLN agar dapat melihat jaringan listriknya, karena longsor ini ada tiang listrik yang nyaris akan roboh juga ” tutur Manderi.

Ditengah guyuran hujan lebat, Pj Bupati menceritakan bahwa beberapa hari kemarin dirinya bersama Sekda telah berkunjung ke Pegunungan Muman dan melintas tempat ini dan telah melihat jalan sudah dalam kondisi retak. Kabar hari ini jalan sudah longsor, dirinya langsung bergerak mengunjungi jalan tersebut.

Pj Bupati menyampaikan bahwa dalam bulan Mei, curah hujan di kabupaten Kepulauan Yapen cukup tinggi, baik sedang maupun lebat. Sehingga terjadi banjir dan longsor, untuk itu dirinya meminta dan menghimbau kepada masyarakat agar selalu siaga dan waspada. Bupati juga meminta masyarakat agar tidak membuang sampah ke dalam sungai, penebangan pohon dikawasan penyangga sungai serta galian C.

Kunjungan ini juga didampingi Satpol PP, TNI Danramil distrik Kosiwo, kepala distrik dan juga sejumlah masyarakat setempat.  (*)

Reporter : Mark Imbiri