Prokopim Humas Setda – Kodim 1709/YAWA bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dan para petani warga kampung panduami menggelar penanaman ratusan bibit cabai rawit merah dan terong. Senin (22/04/2024).

Kegiatan dikampung panduami sore itu, dilaksanakan sesuai arahan dari Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Turut hadir Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam Roberth Manderi, Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen Erny Renny Tania, Pasi Ter Kodim 1709/YAWA Kapten INF Pawawoi Tahir bersama jajaran, Asisten I Ir. Edi Nuca Mudumi, Asisten III Ir. Wahyudi Irianto, Kadis Ketahanan pangan Kepulauan Yapen Jeffry Manderi, Kadis Perikanan Kepulauan Yapen Daniel Reba, Kasat Pol PP Yapen Ruben Kafiar, dan Kelompok petani.

Untuk menekan Inflasi tersebut, maka Kodim 1709/YAWA dan Pemerintah Daerah lakukan penanaman 100 bibit cabai rawit merah dan 100 bibit terong

Penanaman bibit cabai rawit merah dan bibit terong tersebut, dilahan warga seluas 200 hektar di Distrik Kosiwo, kegiatan tersebut tidak lepas dari pedampingan dan sosialisasi dinas teknis dan Babinsa Koramil 17/09-01.

Penjabat (Pj) Bupati Welliam Roberth Manderi, mengatakan bahwa menjadi satu harapan Pemerintah Daerah untuk menekan Inflasi di Kabupaten kepulauan Yapen termasuk penyediaan kebutuhan-kebutuhan pokok baik itu cabai yang juga menjadi penyumbang inflasi terbesar dibeberapa daerah termasuk di yapen.

“Oleh sebab itu kerja sama dan kolaborasi ini dari Kodim 1709/Yawa dengan Masyarakat pemilik lahan yang ada di kampung panduami distrik kosiwo dan ini menjadi beberapa tempat yang sudah kami datangi dan juga menjadi harapan kita semua untuk masyarakat yang mempunyai lahan bersama dengan pemerintah dan stacholder untuk membuka lahan lainnya sehingga kita menyiapkan bibit untuk tanam di lahanlahan mereka termasuk petani asli papua, Sehingga apa yang kita harapkan dengan ekonomi kerakyatan bisa hadir di sini”Pungkas PJ Bupati.

Di kesempatan yang sama Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Baskoro Wijaya Atmanto, yang di wakili Pasi Ter Kodim 1709 Kapten Inf Pawawoi Tahir menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Penanam bibit cabai dan terong saat ini, merupakan program dari Pimpinan Kami bahwa Setiap Kodim membantu masyarakat dengan penyiapan lahan luas minimal 200 hektar tujuannya untuk ketahanan pangan bisa tercapai,”

“Untuk di Kepulauan Yapen kami berusaha untuk membuka lahan 200 hektar milik masyarakat, karena kami Kodim 1709/YAWA sifatnya hanya melakukan pendampingan dengan membantu membuka lahan, menanam sampai perawatan hingga hasilnya untuk masyarakat sendiri,” lanjut Pasiter

Dikatakan Pasi Ter, yang telah pihaknya lakukan hari ini, merupakan salah satu kegiatan yang selama ini, Kodim 1709/YAWA sudah dilaksanakan dan berjalan kurang lebih 2 bulan dengan membuka lahan tidur bersama masyarakat dan salah satu lahan milik Pak Aris

“Kita harapkan apa yang kita lakukan hari ini berkelanjutan dengan di ikuti oleh kelompok petani yang lain sehingga 200 hektar yang di programkan dari Komando Atas bisa segera terwujud, dalam waktu dekat ini melalui Perintah Komandan Kodim 1709/Yawa bahwa setelah ini kami akan terjun lagi untuk membuka lahan – lahan tidur milik masyarakat supaya apa yang menjadi penghasilan Masyarakat itu bisa terwujud. Tandas Pasiter. (Prokopim/RM)