Prokopim Setda Yapen – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Welliam Roberth Manderi Usai mengikuti acara Hari Kesatuan Gerak PPK ke 52 Tahun 2024 oleh Tim Penggerak PKK Kepulauan Yapen, Beliau langsung meninjau pembangunan ruas jalan mananayang sumberbaba, Kampung Korombobi, distrik Teluk Ampimoi hingga Distrik Yapen Timur. Pada Rabu (17/04/2024).

Didampingi Kepala Dinas PUPR Kepulauan Yapen R.D. Melantono bersama jajaran PUPR serta Kepala Dinas Pariwisata Yapen, Kepala Distrik dan Para Kepala Kampung. Peninjauan itu dilakukan Pj. Bupati Welliam karena kondisi ruas Jalan Mananayang sumberbaba tepatnya tanjakan Korombobi rusak dan sulit dilewati masyarakat pengguna jalan.

“Siang ini, saya berada di ruas jalan mananayang sumberbaba, melihat kondisi jalan yang rusak akibat banjir, sehingga susah untuk ditempuh oleh masyarakat” Ucap Pj Bupati Welliam saat diwawancarai Tim Media Prokopim Setda.

Pj Bupati Welliam mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen ada menganggarkan pembiayaan dalam rangka pembangunan pemeliharaan ruas jalan mananayang sumberbaba.

“Pembangunan pemeliharaan ruas jalan mananayang sumberbaba ini, akan dilakukan pengerasan, cor beton dari dari dana Otsus DTI 2024, dengan panjang 200 meter dan 500 meter yang disesuaikan tingkat kesulitan, oleh karena itu kami ada di lokasi untuk melihat secara langsung ruas jalan mananayang sumberbaba” Ungkap Pj Bupati

Menurut, Pj Bupati Yapen , bahwa pembangunan ruas jalan ini menjadi prioritas dan perhatian Pemerintah Daerah dalam rangka perbaikan jalan-jalan yang mengalami kerusakan karena adanya longsor dan banjir.

“Memang masih banyak tahapan-tahapan ruas jalan yang perlu diselesaikan, nanti kita akan anggarkan di APBD Perubahan, dan juga disiapkan dalam APBD 2025, tapi juga bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat yang akan dikolaborasi dalam pemeliharaan dan peningkatan ruas jalan yang lainnya seperti menawi kontinuai saubeba dan ruas jalan lainnya di Kabupaten Kepulauan Yapen” jelas Pj Bupati

Kata Pj Bupati yang kerap kali disapa Kaka Aide Wem itu, bahwa sedikit demi sedikit kita akan memperbaiki jalan ini, sehingga akses transportasi masyarakat khusunya dari Yapen timur, sambrawai, dawai, woda wansma, wabo, Korombobi, randawaya hingga ke kota serui.

Lanjutnya, tahap demi tahap, Pemerintah akan terus perhatikan sehingga transportasi masyarakat ini betul betul bisa lancar sehingga kehidupan yang menyangkut ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Pj Bupati Welliam berharap kolaborasi dari semua pihak, baik Dinas teknis, Kepala Distrik, Kepala Kampung tapi juga masyarakat sehingga perbaikan jalan ini dapat berjalan baik. Tandasnya

Pada kesempatan itu juga, Kadis PUPR Kepulauan Yapen R.D Melantono menjelaskan bahwa pemeliharaan ruas jalan mananayang sumberbaba ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat ditahun ini.

“Pemeliharaan ruas jalan mananayang sumberbaba tepatnya ditanjakan Korombobi, yang selama ini sangat sulit dilewati masyarakat karena rusak berat, sehingga akan dilaksanakan pengerjaannya dengan pengecoran dengan ricik beton” ujarnya Kadis PU

Adapun pelaksanaan pekerjaan akan di dua titik, yaitu di seksi satu sepanjang 200meter dan seksi 2 sepanjang 500 meter, selain jalan pihaknya akan memperbaiki patahan cross way atau lintasan sungai dikampung wabo yang kurang lebih 10 meter akan di cor dan ditambahkan penguatan bronjong.

Semua pekerjaan ini dilaksanakan dengan dana Otsus DTI Tahun 2024 yang telah selesai pelelangannya dan sudah mulai dikerjakan selama 5 bulan kedepannya.

Selain itu juga, dalam anggaran perubahan akan dilaksanakan pekerjaan lanjutan pengaspalan di randawaya yang masih kurang lebih masih 3KM dengan pengaspalan dengan HRS, dan kemudian dari randawaya sampai warironi akan fi usulkan di DAK 2025 sehingga tahun depan jalan sudah baik diperbaiki dan target satu dua tahun sudah aspal dari kota sampai Dawai. Pungkasnya.