Serui – Peringatan HUT Ke 54 Kepulauan Yapen menjadi penopang gaung nya pelaksanaan Sail Teluk Cendrawasih, hal ini dijelaskan langsung oleh Plh Sekretaris Daerah, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Sekda Kepulauan Yapen, Ir. Edi N Mudumi pada kesempatan Jumpa Pers yang berlangsung di ruang Kerjanya pada Rabu, 8/3/2023. Dimana pada 06 Maret 2023 lalu menjadi momentum HUT Kabupaten Kepulauan Yapen namun sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Hal ini mendapatkan sorotan warga.

Lebih lanjut ungkapnya, Berkaitan dengan hal ini, pemerintah daerah juga telah membentuk panitia pelaksana peringatan HUT ke 54 Kabupaten Kepulauan Yapen yang diketuai oleh kepala dinas Kominfo. Panitia juga telah menyusun sejumlah kegiatan yang akan memeriahkan HUT antara lain adalah Open Voly Turnamen, Basket, yosim display serta beberapa kegiatan. Selain itu diwaktu bersamaan pemerintah daerah Kepulauan Yapen juga tengah mempersiapkan satu event besar yaitu Sail Teluk cendrawasih yang melibatkan beberapa kabupaten dikawasan teluk cenderawasih seperti, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Waropen serta turut berpartisipasi Kabupaten Sarmi.  Sehingga dalam rangka kegiatan ini, ada beberapa kegiatan yang dikemas dan di fokuskan antara lain, workshop, kunjungan pariwisata baik itu bahari maupun pariwisata lain nya seperti unggulan cenderawasih, komoditi unggulan Kopi Ambaidiru, dan Rumput Laut. Sehingga  diharapkan rangkaian kegiatan STC ini dirangkai kan menjadi semarak 54 Tahun Kabupaten Kepulauan Yapen, dan Semarak STC saling mengisi sekaligus. Maka perlu dijelaskan bukan berarti Pemerintah Daerah tidak mensyukuri berdiri nya kabupaten kepulauan Yapen, tetapi pemerintah Daerah melaksanakan kegiatan yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ungkapnya.

” Selain kegiatan-kegiatan pariwisata serta pameran produk unggulan daerah nantinya juga ada Festival saireri, hal ini adalah bagian yang tak terpisahkan” ujarnya

Beberapa kegiatan ini dapat menyemarakkan hut kabupaten kepulauan Yapen dan STC yang saling mengisi ungkapnya.