Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari Selasa 28/02/2023 menggelar Kegiatan Pengecekan Sembako di Pasar, serta berapa Gudang Distributor di Kota Serui. Pengecekan tersebut dipimpin langsung oleh Pj Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, serta tim Penanganan Inflasi Daerah.  Kepada media, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen menjelaskan bahwa tim penangangan inflasi daerah melakukan pemantauan dan survei setiap harga sembako di pasaran maupun distributor dengan tujuan ingin memastikan tidak terjadi pelonjakan harga di pasaran , tetapi masih berada dalam pengendalian. Sehingga hampir Dinas teknis setiap hari setiap Minggu  dan bulan mengupdate data dengan bekerjasama dengan distributor untuk mengecek harga yang ada dipasar.

Hal ini dilakukan karena ada sebuah gejala yang dihadapi oleh bangsa, yaitu mengantisipasi inflasi yang terjadi. Hal ini juga sesuai dengan instruksi Presiden melalui Menteri Dalam Negeri kepada seluruh pemerintah daerah, untuk bisa mengendalikan inflasi di daerahnya. Sehingga pemerintah daerah terus melakukan evaluasi untuk mengambil langkah-langkah agar tak terjadi pelunjakan harga yang menyusahkan masyarakat atau yang menyebabkan daya beli masyarakat tidak bisa terjangkau.

Pj Bupati Mambay menambahkan bahwa pemantauan ini terus dilakukan oleh tim pengendali inflasi daerah yang terdiri dari gabungan instansi teknis Kejaksaan Kepolisian serta Satpol PP.  Dari sejumlah survei di pasar dan di gudang distributor, ditemukan sejumlah perbedaan harga antara satu pedagang dengan pedagang lain dengan harga yang telah ditentukan oleh distributor.  Menindaklanjuti hal tersebut maka pejabat bupati akan memanggil para pelaku usaha untuk menggelar rapat bersama tim pengendali inflasi daerah tutupnya.

Foto : Humas Yapen