Serui – Ketua Transit Yapen Sidang Sinode GKI Ke-18 Tonny Tesar, S.Sos kembali melakukan Rapat Koordinasi Panitia transit bersama Kordinator Panita Transit Yapen, yang berlangsung pada Sabtu, 11/06/2022 di Aula Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Yapen. Pertemuan kali ini membahas kesiapan panitia transit yang akan ditindak lanjuti dengan pertemuan bersama panitia induk SS GKI Ke-18 Waropen.

Ada beberapa hal yang akan dibahas dengan Panitia induk antara lain terkait akomodasi, transportasi serta bahan makanan.

“Yang perlu dibahas adalah menyangkut akomodasi, transportasi dan penyediaan makan bagi tamu tamu transit di Serui. Itulah yang harus kita bahas bersama” ungkap Ketua Transit Yapen.

Dalam arahan Bupati Tonny Tesar menjelaskan bahwa Poin pertama adalah harus memastikan panitia induk dalam menyediakan sarana transportasi dari luar waropen masuk ke waropen. berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa panitia induk SS GKI Ke-18 juga menyediakan 3 Armada kapal yang akan membantu tamu tamu masuk ke Waropen.

Sementara Mengenai transportasi udara, Dinas Perhubungan Kepulauan Yapen telah menyediakan surat kepada Maskapai Trigana Air untuk menyiapkan rute Serui biak nabire dan Manokwari bagi tamu tamu namun hal ini dimintai Bupati Tonny Tesar agar harus dipastikan kembali.Selain itu transportasi laut juga disiapkan terkait Spidboat Pemerintah Daerah.

Sekretaris Panitia Transit Yapen SS GKI XVIII, Alex Jan Kiriwenno menjelaskan bahwa Berdasarkan Surat dari KSOP Jayapura, telah menyediakan 9 Armada Kapal mulai dari 13 yang akan mensukseskan Sidang Sinode GKI, Antara lain :

*. Rute Jayapura- Waren, KM Sabuk Nusantara 81,58, dan 100 sebanyak 1500 orang menggunakan sabuk Nusantara.

*. Rute Biak – Waren membawa 500 orang, Menggunakan Sabuk Nusantara 63 Rute Serui- Waren Mengangkut 2000 orang menggunakan sabuk Nusantara 81, 58, 100 dan 75

*. Rute Nabire- Waren Mengangkut 1000 orang menggunakan sabuk Nusantara 89, 75 dan 86.

*. Rute Sorong – Manokwari – Waren menggunakan sabuk Nusantara 75, dan 42.

Sekretaris Panitia juga menyampaikan tentang jadwal kitab obor sidang sinode GKI ke-18 akan bergerak dari Waisai Kabupaten Raja Ampat dan tiba di Kabupaten Biak pada 10 Juli dan dijemput oleh Klasis Yapen Utara. Setelah itu akan di kirab daeu Yapen Utara menuju ke Yapen barat menggunakan menggunakan spedboat menuju ke Yapen Selatan menuju ke Yapen timur dan dari Yapen timur menuju ke Waropen.

Foto : Andrew Woria