Serui – TMMD ke 113 tahun 2022 di Distrik Poom Kabupaten Kepulauan Yapen secara resmi ditutup oleh Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro pada hari Kamis, 09/06/2022. Kedatangan Danrem 173/PVB ini di sambut dan dijemput secara langsung oleh Komandan Kodim 1709 Yawa, Bupati Kepulauan Yapen beserta Forkompinda di Makodim 1709 Yawa.

Dalam laporan Dandim 1709 Yawa selaku Komandan Satgas TMMD 113 Tahun Anggaran 2022 oleh Letkol Inf Catur Prasetyo Nugroho, S.IP menjelaskan bahwa tujuan TMMD Ke 113 tahun anggaran 2022 ini adalah  Untuk membantu pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik, Dimana sasaran kegiatan fisik berupa pembangunan 8 unit rumah layak huni, berukuran 9X7 meter atau Type  63. Sementara itu untuk sasaran non fisik berupa diadakan penyuluhan antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, sosialisasi stunting, sosialisasi posbindu PTM, serta penyuluhan Hukum dan Kamtibmas.

tema , “TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI” Pelaksanaan  pra TMMD mulai 26  April hingga 10 Mei 2022, sementara Pelaksanaan TMMD pada 11 mei hingga 09 Juni 2022 yang melibatkan 111 aparat TNI, 25 Orang Aparat Polri, 14 Orang Aparat Pemda dengan total 150 Orang yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Serta dukungan dana dari Mabes TNI.

Sementara itu pada amanat Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E, M.M yang dibacakan oleh Komandan KOREM 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro menyebutkan bahwa Pangdam cendrawasih mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah kepulauan Yapen yang telah mendukung anggaran fisik tmmd ke 113. Sementara itu kepada seluruh personil yang tergabung dalam satgas TMMD Ke 113, Pandam  juga memberikan apresiasi karena semangat dan dedikasi yang tinggi telah bekerja keras sehingga sasaran dapat tercapai.

Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos pada sambutannya mengatakan bahwa pemerintah daerah dan seluruh masyarakat terutama masyarakat distrik Poom mengucapkan terima dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI secara khusus kepada Pangdam XVII Cenderawasih, Danrem 173/PVB, Dandim 1709 Yawa, satgas TMMD yang telah melaksanakan pekerjaan pembangunan rumah rakyat di kampung Poom kepulauan Yapen. Apresiasi juga diberikan kepada Danrem 173/PVB yang berkenaan hadir pertama kali di kabupaten kepulauan Yapen, walaupun sudah cukup lama berencana ke Serui tetapi karena kesibukan nya akhirnya bisa hadir juga di kabupaten kepulauan Yapen.

Ungkapan hati masyarakat masih banyak yang membutuhkan perumahan dan pemerintah belum bisa membangun sendiri. Tetapi masih berharap bantuan TNI pada program TMMD ke depan. Sehingga pada saat ini, ia sampaikan agar TMMD di tahun tahun berikutnya masih bisa dilaksanakan di kabupaten kepulauan Yapen, terutama ketersediaan rumah bagi masyarakat di kampung kampung yang sulit pemerintah daerah menjangkau nya.

Besar harapan nya bahwa TMMD ini bukan yang terakhir tetapi bisa terlaksana kembali di tahun depan karena sangat berdampak bagi masyarakat baik dari kampung Poom dan kampung humbehuwai.

Bupati berpesan juga kepada warga yang menerima agar mensyukuri bahwa negara hadir melalui pemerintah, dan TNI, sehingga harus terus mendukung Pemerintah untuk membangun Negara ini. Rumah juga harus dijaga dengan baik, maka kehidupan juga harus lebih baik. Dirinya berpesan agar warga harus hidup rukun dan sepadan dengan Firman Tuhan. Warga juga diminta tidak terprovokasi dengan oknum oknum tertentu yang menjadikan sesuatu yang tidak pasti terutama

Foto : Andrew Woria