Kamanap – Bupati Tonny Tesar menyambut kedatangan secara langsung ketua BP.AM Sinode GKI Di Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, M.Th, pada hari Kamis 02/06/2022. Kedatangan orang no 1 di GKI di tanah Papua ini adalah untuk menuju ke waropen sekaligus melihat kesiapan Sidang Sinode GKI ke XVIII Waropen.

Sebelum menuju Ke Kabupaten yang dijuluki Negeri 1000 Bakau, Pdt. Andrikus Mofu berkesempatan menghadiri Rapat Kerja Panitia Transit Yapen Sidang Sinode GKI ke XVIII yang berlangsung di GKI Jemaat Maranatha Kamanap.

Bupati Tonny menyebutkan bahwa Rapat Panitia ini sangat penting karena dihadiri langsung oleh ketua BPAM Sinode GKI Di Tanah Papua. Ia juga menjelaskan bahwa pemilihan lokasi Rapat didekat bandara untuk mengefisienkan waktu perjalanan Ketua BP.AM Sinode GKI Di Tanah Papua.

Momen ini juga dipakai untuk menyerahkan sejumlah bantuan keagamaan kepada sejumlah pendeta, pastor hingga Pengurus masjid. Bupati juga meminta agar kegiatan ini dapat dilaksanakan se efektif mungkin dan bantuan dari pemerintah daerah dapat digunakan sebaik baiknya untuk kemuliaan Nama Tuhan. tak hanya di kabupaten kepulauan Yapen, sejumlah hibah pun diberikan untuk mensukseskan Sidang Sinode GKI Di Tanah Papua tahun 2022 ini. sejumlah bantuan Keagamaan yang diberikan adalah Bantuan dana kepada panitia pembangunan gedung Kantor Sinode GKI Di Tanah Papua Sebesar 1 Miliar Rupiah yang diserahkan secara simbolis langsung oleh Bupati Tonny Tesar kepada ketua BP.Am Sinode GKI Di Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu. Sementara Bantuan Panitia Transit Yapen Sidang Sinode juga diberikan untuk Pembangunan GKI betania Waren sebesar 200 Juta Rupiah, Pembangunan GKI Diaspora kemonjaya Klasis Waropen Sebesar 200 Juta Rupiah Dan Bantuan Pembangunan Gedung GKI Silo Pulau Nao Sebesar 100 Juta Rupiah yang diserahkan oleh Bupati kepada Ketua Klasis GKI Waropen, Pdt. Solagracia Kurni.Bantuan kepada waropen diberikan agar pembangunan gereja dapat cepat selesai guna mensukseskan sidang sinode GKI di Waropen. Bantuan keagamaan yang selama ini diberikan tidak bermasalah dan semua di periksa oleh BPK dan dipertanggungjawabkan. Ia berharap agar semua dapat menysukuri dan dapat memberi kan pertanggungjawaban nya. Dirinya berterima kasih juga atas kehadiran sejumlah tamu yang hadir.

Ketua BP.AM sinode GKI Pdt. Andrikus Mofu dalam kesempatannya mengatakan bahwa ada beberapa hal yang disampaikan antara lain mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten kepulauan Yapen yang boleh menyerahkan bantuan Hibah. Dirinya juga memastikan bahwa sidang sinode nantinya akan menjadi berkat pembangunan bagi masyarakat,

“Sekali lagi saya katakan kepulauan Yapen luar biasa, sebagai orang tua, sebagai kaka yang baik, itu sangat ditunjang dan didukung dari Serui. Apa yang saudara saudara lakukan dalam mengatur dan mendorong kelancaran pelayanan itu sangat berarti dan itu pasti diberkati oleh Tuhan” ujarnya

Ia mengajak agar menjaga bersama dan harus mempertanggungjawabkan dana ini dengan baik demi kelancaran tugas.Hari ini pimpinan sinode juga akan menuju ke waropen untuk melihat persiapan persiapan sidang sinode di Waropen sehingga pelaksanaan nanti bisa terselenggara dengan baik. Pimpinan bsinode juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia transit di Kepulauan Yapen, seakan-akan sidang sinode akan berlangsung di Yapen. Dan ini adalah contoh yang baik ujarnya. Dirinya mengajak agar suasana toleransi ini terus di jaga dan diperlihatkan dalam tugas tugas membangun keragaman disini. Ketua BPAM Sinode GKI di tanah Papua juga menjelaskan tentang gambaran umum yang akan berlangsung di waropen. Dimana Momentum waropen akan melahirkan hal yang akan membawa perubahan karena akan dirapatkan konsilidasi dan konsultasi publik di seluruh wilayah wilayah hingga rapat diperluas hingga plenolisasi. Dan ini sangat fenomenal dan strategis dan akan dibawa di sidang sinode GKI di Waropen. Ada kajian pendidikan, juga dipersiapkan dokumen berkaitan dengan liturgi GKI ada 87 Liturgi dan akan ditetapkan, hal ini adalah bagian penting yang disiapkan di Waropen. Mantan Ketua Klasis GKI Sorong ini juga mengatakan bahwa Sidang akan berlangsung pada 18 Juli dan berakhir pada 24 Juli 2022, dan ada 3 titik transit untuk masuk ke Waropen, yaitu dari Biak, Serui, dan Nabire.

Foto : Andrew Woria