FGD pelaksanaan dana desa 2019 serta menjaga kamtibmas jelan perayaan Natal dan tahun baru.

Serui – Focus Grup Discussion (FGD) tingkat kabupaten Kepulauan Yapen berlangsung di graha Silas Papare Serui, pada hari jumat, 29/11/2019. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolres Kepulauan Yapen, Kariawan Barus, Dandim 1709 Yawa, Letkol. Inf. Leon Pangaribuan, Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, Asisten III Setda Bidang administrasi umum, Erny Tania, S.IP dan Kepala kampung dari 160 kampung di Kepulauan Yapen.
Dalam pemaparan materi oleh Dandim 1709 Yawa, Letkol. Inf. Leon Pangaribuan mengajak kepala desa untuk hadir ditengah masyarakat, khususnya terkait dengan kamtibmas jelang 1 desember, natal dan tahun baru nanti. Damdim juga mengajak kepala desa untuk peduli dan harus peka serta peduli dengan kejadian di desa.
Sementara Kapolres Kepulauan Yapen dalam pemaparannya mengatakan bahwa walau wilayah penanganan di Kepulauan Yapen cukup luas, namun situasi kemanan cukup baik.
Sementara itu dalam arahan Wakil Bupati Kepulauan Yapen, meminta agar kepala kepala kampung dalam pengelolaan dana kampung harus sesuai dengan hasil musyawarah dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga tidak menjadi temuan penyalah gunaan dana tersebut.
“Itu pengelolaan keuangan negara jadi, kita ada punya ketentuan peraturan pemerintah tentang pengelolaan keuangan negara, di dalamnya kategori kepala kampung juga sesuai dengan UU No. 6 ,bahwa pengelolaan keuangan ini harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga sebelum masuk dalam angaran pembelanjaan kampung itu sendiri, sudah didahului dengan persiapan perencanaan tahun ke depan.”
Wabup menjelaskan bahwa sebelum menggunakan dana kampung tersebut, harus sudah di susun bersama untuk kesejahteraan kemakmuran masyarakat di kampung, sehingga kepala kampung dan bamuskamp bisa saling mengawasi sesuai dengan perencanaan yang ada.
FGD ini dihadiri langsung oleh sejumlah pejabat diantaranya, kepala badan pemberdayaan masyarakat kampung, Titing Pasodung, Kepala inspektorat, Drs. Alex Kriweno, Kadis Kominfo Kepulauan Yapen, Welem Zaman Bonay, serta beberapa kepala distrik.
(jur : Andrew Woria/ foto : Marvin Raubaba)

Leave a Reply