Situs Resmi Pemerintah Kepulauan Yapen
BERANDAINDEKS

Workshop Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah YPK, PJ Bupati Yapen Tekankan Pentingnya Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Asisten I Setda Kepulauan Yapen, Ir. Edi Noca Mudumi saat membuka Workshop PSW YPK (22/5/2024)

PROKOPIM SETDA – Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua, kabupaten Kepulauan Yapen menggelar workshop penguatan kompetensi bagi Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK dalam lingkup YPK Kepulauan Yapen, Rabu 22/5/2024.

Bertempat di gedung serba guna SMK YPK Serui, para kepala sekolah diberikan penguatan oleh pemateri berkompeten yang di datangkan oleh PSW YPK Kepulauan Yapen dari Jakarta.

Ketua pengelolah sekolah wilayah (PSW) YPK Kabupaten Kepulauan Yapen Drs. Orgenes Runtuboy, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar kepala sekolah yang ada di dalam lingkup YPK Kepulauan Yapen dapat mengplementasikan kurikulum Merdeka Belajar.

“Workshop ini bertujuan bagaimana para Kepala Sekolah dapat berbuat dasar-dasar atau gambaran untuk menyusun kurikulum Merdeka Belajar. Kami PSW YPK Kepulauan Yapen berusaha agar YPK tidak terlalu jauh dari perkembangan Sekolah lainnya” ujar Ketua PSW YPK Kepulauan Yapen.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari ini, di buka oleh penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Yapen Welliam R. Manderi, SIP., M.Si yang diwakilkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir. Edi Noca Mudumi.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten I Edi N. Mudumi menyampaikan bahwa pemerintah selalu mendukung semua komponen pendidikan dan pendidik di kabupaten Kepulauan Yapen, salah satunya kegiatan workshop ini agar Kepala Sekolah dan Guru-guru YPK dapat maju bersama dalam dunia pendidikan bagi sumber daya manusia kabupaten Kepulauan Yapen, khususnya lagi dalam kurikulum Merdeka Belajar.

Sementara itu, Badan Pekerja Sinode GKI wilayah IV Pdt. Resly Birahi, S.Th dalam arahannya menyampaikan 3 hal untuk YPK Kepulauan Yapen, yaitu :

  1. Visi YPK berkarakter Kristus dan Unggul dan Kurikulum Merdeka Belajar.
  2. Koordinasi dan kerjasama YPK bersama Pemerintah Daerah Yapen agar ada kerja sama dengan Prof Yohanes Surya agar para Kepala Sekolah dan Guru YPK dapat diajarkan metode GASING (Gampang, Asik dan Menyenangkam) Matematika.
  3. Sekolah berpola asrama di setiap pusat kota/kabupaten termasuk kabupaten Kepulauan Yapen

Demikian harapan SDM Sinode GKI Tanah Papua yang disampaikan oleh Pdt. Resly Birahi, S.Th.

Hadir dalam pembukaan Workshop ini, ketua Klasis GKI Yapen Selatan,  Ikatan Guru YPK dan pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (*)