Prokopim Setda Yapen, Serui – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam Manderi, SIP.., M.Si Meninjau langsung 4 Titik PSU di Kepulauan Yapen dan meminta penyelenggaraan pemilihan umum berjalan tanpa kecurangan lagi yang menyebabkan harus dilakukannya Pemungutan Suara Ulang atau PSU.

Turun meninjau langsung di TPS 26 Kelurahan Serui Kota dan TPS 1 Kampung Wanampompi, Pj Bupati di dampingi Sekretaris Daerah Erni Tania, S.IP dan para kepala Dinas serta Kapolres Yapen AKBP Herzoni Saragih meninjau jalannya proses pencoblosan PSU dengan baik, aman dan lancar.

Untuk di ketahui PJ Bupati bersama Sekertaris Daerah dari kampung Wanampompi langsung bertolak dengan Speedboat laut ke Distrik Yapen Barat guna meninjau langsung proses PSU di kampung Wimoni dan kampung Maniri.

“Selaku pemerintah daerah, kami meminta agar penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu untuk evaluasi kinerja jajaran tingkat bawah tapi juga peserta pemilu yang melanggar aturan. Hal-hal ini yang menyebabkan hari ini tanggal 24 Februari 2024 terjadi PSU di 4 TPS” tutur Pj Bupati.

Bupati Manderi menuturkan bahwa PSU harus berjalan dengan baik dan lancar. Semua pihak telah berada di TPS, baik Bawaslu Provinsi Papua dan Bawaslu Kabupaten, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten juga pemerintah daerah dan masyarakat sebagai wujud pengawasan bersama agar PSU berjalan dengan baik yang selanjutnya hasilnya diserahkan ke Distrik dan Kabupaten.

Lanjutnya terkait temuan Masyarakat tidak terdaftar di DPT, Pj Bupati mengatakan bahwa hal yang terjadi di Pileg ini, kiranya tidak terjadi di Pilkada mendatang. Pemerintah Daerah akan evaluasi bersama KPU dan Bawaslu, evaluasi jajaran penyelenggaraan Pemilu, evaluasi data pemilihan tetap (DPT) dan juga hal-hal yang berkaitan lainnya

“Masyarakat harus menggunakan hak pilihnya secara baik dan benar. Kami telah meninjau jalannya PSU di TPS 26 dan sekarang kami di TPS 1 Kampung Wanampompi semua berjalan dengan baik Logistik tiba di TPS dengan baik, KPU dan Bawaslu Kabupaten dan jajarannya telah bekerja dengan baik untuk lancarnya PSU hari ini.” ujar Manderi, Sabtu 24/2/2024.