Kepulauan Yapen, – Semarak peringatan HUT Pekanbaru Injil di Tanah Papua ke 169 Tahun di Kabupaten Kepulauan Yapen, digelar Karnaval yang dibuka secara langsung oleh penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi, S.IP,.M.Si,. Dalam sambutannya Penjabat Bupati Kepulauan Yapen mengatakan bahwa patut disyukuri kepada Tuhan karena penyertaan dan perlindungannya sehingga boleh ada sampai saat ini dan diperkenankan untuk melaksanakan lomba karnaval budaya yang digelar oleh klasis GKI Yapen Selatan kegiatan ini bertujuan dalam menyemarakkan peringatan pekabaran Injil ke 169 di tanah Papua.

Selaku pemerintah dan masyarakat secara khusus umat Kristiani perlu menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif digelarnya karnaval di mana karnaval ini memadukan unsur religi dan juga budaya pada perayaan hari ulang tahun pekabaran Injil tahun 2024. Dijelaskan pejabat Bupati bahwa hal ini adalah upaya yang ditempuh klasik GKI Yapen selatan guna memberdayakan komunitas budaya di Kabupaten Kepulauan Yapen dalam mewartakan Injil tapi juga memperkuat persekutuan antar umat Tuhan sebagai satu kesatuan tubuh Kristus.


Berkaitan dengan itu maka selaku pejabat bupati Kabupaten Kepulauan Yapen dirinya berpesan bagi seluruh peserta agar jangan hanya sekedar memperebutkan predikat juara atau siapa yang terbaik dari ajang karnaval yang dilombakan ini akan tetapi yang paling utama dan menjadi harapan semuanya yaitu agar Injil yang sudah berusia 169 tahun menerangi Tanah Papua dapat teruslah diwartakan lewat tradisi budaya masing-masing oleh karena kolaborasi religi dan budaya di mana hal ini diyakini dapat memberikan nilai tambah dan penguat tersendiri dalam pemberitaan tapi juga penerapan Injil di tengah berbagai tantangan global dewasa ini.

Untuk Diketahui, ada 33 peserta yang terdaftar dalam karnaval kali ini, namun tak semua peserta dapat hadir. Peserta karnaval pun dilepas secara resmi oleh Pj Bupati Welliam R Manderi langsung dari lapangan alun alun Trikora Serui.