18 Hari Jelang Pemilu, Pj Bupati Gelar Rapat bersama Forkompinda dan Penyelenggara Pemilu

Kepulauan Yapen, – Pemerintah Daerah kabupaten kepulauan Yapen melakukan rapat bersama Forkompinda serta penyelenggaraan Pemilu Tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen pada Kamis malam, 25/01/2024. Penjabat Bupati Kepulauan Welliam R Manderi, S.IP, M.Si kepada media mengatakan bahwa Pertemuan ini untuk mengecek progres kesiapan KPU, Bawaslu, dan Keamanan.

Dalam laporan yang diterima oleh Penjabat Bupati bahwa distribusi Logistik dari pihak Ke 3 telah dilakukan hingga tahapan pelipatan dan telah rampung dan tinggal pengepakan. Selain itu terkait beberapa surat suara yang mengalami kerusakan, akan disampaikan KPU Kabupaten Kepulauan Yapen ke KPU Provinsi dan pihak ke 3, sehingga surat suara yang disiapkan untuk Pilpres, Serta Pileg baik tingkat DPR RI, DPR Provinsi serta DPRD Kabupaten bisa sesuai.

Lebih lanjut, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi berharap agar ketika semua ini bisa disiapkan maka  tinggal menunggu tahapan jadwal dari pusat untuk tahap distribusi tuturnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Yapen, Zakeus Rumpedai menambahkan bahwa untuk progres tahapan KPU sendiri saat ini mengikuti jadwal dan tahapan secara Nasional sesuai jadwal yang diatur oleh KPU RI. Dan saat ini telah melewati tahapan sortir surat suara untuk 5 Pemilihan dan ini sesuai dengan target dan jadwal tahapan, dan saat ini telah masuk dalam tahap pengepakan,. dimana tengah dikerjakan pengisian dan pelebelan di masing masing kotak suara, dan setelah siap maka surat suara tersebut akan dimasukan, dirinya berharap agar di Minggu ini dapat diselesaikan sehingga pada Minggu berjalan berikutnya sudah bisa masuk ke tahap pendistribusian logistik ujarnya

Rumpedai mengatakan bahwa pendistribusian logistik ke distrik distrik akan mengikuti jadwal yang telah diatur Secara Nasional sehingga saat pihaknya masih harus memastikan pengepakan surat suara ini selesai sehingga bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu pergeseran logistik ke 17 Distrik di Kabupaten Kepulauan Yapen