Kepulauan Yapen, – sebagai sarana distribusi dan memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pasar juga bermanfaat mempertemukan penjual dan pembeli.

Pasar tradisional memiliki beberapa fungsi bagi perekonomian di daerahnya, yaitu: Pasar sebagai sumber retribusi daerah. Pasar sebagai tempat pertukaran barang. Pasar sebagai pusat pengembangan ekonomi rakyat, dan pasar tradisional Kaipuri adalah salah Satu fasilitas umum di kampung Kaipuri yang pada hari Sabtu, 13/01/2024 diresmikan oleh penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam Manderi.

Pj Bupati Welliam Manderi menjelaskan bahwa Pasar Rakyat di Kampung Kaipuri ini dibangun dari sumber pembiayaan  DPA Disperindag Kabupaten Kepulauan Yapen, ada 3 los petak yang diperuntukkan bagi 3 orang warga yang akan dibagi. Selain itu, Pj Bupati Kepulauan Yapen Welliam Manderi berharap dengan adanya bangunan pasar yang sederhana dan representatif ini dapat bermanfaat untuk semua masyarakat yang ingin berjualan disini diwaktu waktu tertentu, sehingga dengan dibangunnya pasar ini dapat digunakan untuk transaksi jual beli.

Penjabat Bupati Juga berharap agar masyarakat setempat dapat menjaga bangunan pasar ini dengan tidak merusak hingga Pemalang, sehingga sebagai pemerintah daerah berharap masyarakat dapat menggunakan pasar ini dengan baik serta menjaga kebersihan.

Sementara seorang itu, Marta imbiri seorang warga Kaipuri yang kesehariannya beraktivitas sebagai pedagang sayur kepada kepyapenkab.go.id mengatakan bahwa sebelum ada bangunan pasar ini, dirinya berjualan di Taluk pelabuhan Kaipuri.

ia merasa terbantu dengan adanya bangunan pasar ini. Marta sendiri juga biasanya berdagang hingga ke maberamo dan ke biak, namun dengan adanya satu bangunan representatif pasar Rakyat tersebut dapat membantu dirinya untuk meningkatkan perekonomian keluarganya.