Humas  

Penjabat Bupati Welliam Mander Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Pada HGN Yang Ke-78

Serui – Upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang Ke-78 tahun 2023 dipimpin langsung Welliam R. Manderi, S.IP, M.Si, selaku Penjabat Bupati Kepulauan Yapen yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara di Lapangan Trikora Alun – alun Serui pada Sabtu, 25/11/2023.

Pada Upacara tersebut hadir juga Forkopimda, Sekda kepulauan yapen, Asisten setda, dan juga para pimpinan OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Penjabat Bupati Welliam R Manderi Dalam membacakan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, mengatakan bahwa Guru sebagai nakhoda tidak mau membalikan lagi arah dari kapal merdeka belajar. Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar. Keyakinan itu tumbuh dari hal – hal yang berhasil di capai bersama dalam empat tahun terakhir. Dimana diketahui pada Pada tahun pertama merdeka belajar, telah dihapus ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada para guru untuk menilai hasil belajar muridnya dan juga menerapkan Asesmen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, Inklusif, dan menyenangkan.

Mendikbud menjelaskan bawah di tahun selanjutnya, akan diluncurkan kurikulum merdeka jika Asesmen Nasional mengukur tujuan perubahan, kurikulum merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu.

Lanjut Makarim, trobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan guru penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Target satu juta guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik. Saya percaya bahwa hari guru nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan hari guru nasional tahun adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia.

“Mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langka serentak melanjutkan generasi merdeka belajar. “Selamat Hari Guru Nasional” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam sambutanya yang di bacakan Pj Bupati Welliam Manderi.