Serui – Kunjungan Pj Gubernur Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, SE. MM., ke Kampung Manaini Ambaidiru Bersama PLH Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur dan Ketua TP. PKK Provinsi Papua Linda Stelda Onibala, S, Sos. MM., serta rombongan diikuti Pj Bupati Yapen Welliam R Manderi, S. IP, M.Si di dampingi Sekda Kepulauan yapen Erny R Tania, S. IP, Forkopimda Kepulauan Yapen, Dan beberapa kepala OPD. Untuk meninjau Daerah penghasil kopi dan tanaman kakao di Kepulauan Yapen, Pada 18 Oktober 2023.

Lanjutnya, Pj Gubernur bersama rombongan melihat langsung bibit kopi dan Kakao yang siap di tanam dan Ia juga ikut menanamnya, serta meninjau langsung proses penbuatan kopi yang siap di pasarkan, usai mengunjungi tempat produksi kopi, Ia sempatkan diri memberikan bantuan kepada masyarakat untuk proses pembangunan gereja sebesar 50 Jt. Dan juga memberikan bantuan secara simbolis kepada petani.

Petani kopi mendapat bantuan berupa :
1.Mesin Pengupas Biji Kopi 2 Unit
2.Rumah Penjemuran Kopi 1 Unit
3.Mesin Pengolahan Kepi (Huller, Pulper, Pembubuk) 2 Unit
4.Bangunan Pengolahan Kopi 1 Unit
5.Bibit Kopi Slap Salur 100.000 Batang
6.Pupuk Organik 43 Ton
7.Alat Kerja Petani 100 Pkt

Petani sagu mendapat bantuan berupa :
1.Alat kerja petani 100 paket (CHAINSAW, PARANG, SEKOP, DODOS, SEPATU BOAT)
2.Upah petani untuk kegiatan penataan dusun sagu 100 HA

Petani kakao mendapat bantuan berupa :
1.Bibit Kakao Siap Tanam 15.000 Batang
2.Alat Kerja Petani 30 Paket
3.Pupuk Organik 10 Ton
4.Upah Petani untuk Panyiapan Lahan 15 Ha

Sementara itu, Pj Gubernur dalam sambutanya sangat berterima kasih kepada pemerintah kepulauan yapen dan juga sangat senang bisa bertemu dengan masyarakat di kampung Ambaidiru, ia memberi tau kepada masyarakat bahwa beberapa bulan lalu 2 tim dari Provinsi Papua baru saja membawa kopi Ambaidiru ke Milan Italia dan mempromisikannya.

Oleh sebab itu Ia mengatakan ini adalah Aset yang baik bagi masyarakat disini dan kedepanya bisa menjadi tempat wisata, dan juga ia berpesan kepada petani kopi, kakao dan sagu agar tidak menggunakan pupuk di tanaman tersebut agar ciri khas rasa tidak berubah.

Foto : Humas Pemda