Serui – Penjabat bupati Yapen Cyfrianus Y Mambay,  S,Pd.M,Si, di dampingi Asisten 3 Ir. Whayudi Irianto melakukan Launcing Akta Kelahiran dan Akta Kematian, adalah salah satu program RSUD Serui dan dinas Dukcapil, di Ruang Bersalin RSUD Serui, pada 22 September 2023.

Dihadiri Direktur RSUD Serui, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Keuangan Dan Aset Daerah, Sekwan, Wekil Ketua 2 DPRD Yapen, anggota DPRD Yapen.
Launcing pertama ini Diterima langsung oleh pasangan suami istri, sebagai berikut Akta kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak.

Penjabat bupati Cyfrianus Mambay mengatakan ibu yang bersalin di rumah sakit, setelah pulang langsung dapat mengambil kartu keluarga Akta kelahiran serta Kartu Identitas anak, ia juga menghimbau kepada semua orang tua yang akan merencanakan punya anak, harus memikirkan persiapan pemberian nama kepada anak laki-laki maupun perempuan agar seketika lahir sudah ada nama yang diberikan, supaya dapat mempermudah pelayanan, dan bisa di nikmati seluruh masyarakat Kepulauan Yapen.

inovasi layanan yang dinamai secara resmi oleh pak Pj. Bupati dengan sebutan ARTERI ANAK

Kepala Dinas Dukcapil Harold Wenno, AP, M, Si. Menjelaskan Launcing tersebut harus dipenuhi oleh Dinas Dukcapil, yang kemudian merupakan indikator pencapaian target rencana pembangunan jangka menengah 2020-2024 pada direktorat jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, ia juga mengatakan, sehingga dorang inisiatif dari Penjabat Bupati untuk dilaksanakan selaras dengan target cakupan yang harus mereka laksanakan.

Direktkur RSUD Serui Jhon B Abaa, M, Kes. Mengatakan, Launching tersebut merupakan terobosan Agar mempermudah Masyarakat bisa memperoleh Surat-surat tersebut, ia juga sangat berterima kasih kepada Pj Bupati, dengan apa yang di buat ini bisa menjadi berkat bagi masyarakat.

Foto : Humas Pemda