Serui – Bupati Kabupaten Maros, H.A.S Chaidir Syam, S.IP,.M.H Menghadiri Peringatan HUT Himpunan Kerukunan Keluarga Maros Kabupaten Kepulauan Yapen di Kota Serui, pada hari Sabtu 29 Juli 2023. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Silaspapare Serui yang dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd,.M.Si,. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny R Tania,S.IP, Forkompinda, Marga Maros Dr Kabupaten Kepulauan Yapen serta sejumlah Kerukunan atau Paguyuban.

Ketua Himpunan Kerukunan Keluarga Maros Kabupaten Kepulauan Yapen, H Alwi Massi, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa satu kebanggaan tersendiri bagi Hikmas karena telah menanti kedatangan Bupati Maros ke Kepulauan Yapen sejak Januari lalu. Lebih lanjut dikatakannya bahwa Hikmas terbentuk sejak tahun 1997 dan telah membantu Pemerintah Daerah dalam program pembangunan di kabupaten kepulauan Yapen. Atas nama warga Maros di Yapen juga berterima kasih kepada Bupati Maros beserta ibu Ketua TP PKK Maros yang baru pertama Kali menginjakan Kaki di Yapen.

Sementara itu Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam, S.IP,.M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa satu kehormatan dan kebahagiaan bisa disambut serta bersilahturahmi dengan seluruh keluarga dan masyarakat maros di Kabupaten Kepulauan Yapen. Kabupaten Maros terus membangun pasca covid dan mengajak seluruh stakeholder termasuk masyarakat di perantauan untuk memberikan ide masukan dengan kolaborasi yang dilakukan untuk membangun kabupaten yang dicintai. Dirinya mengajak untuk membangun kabupaten kepulauan Yapen dengan prinsip dimana bumi dipijak disitu langit di junjung dan inilah yang terus dibangun ujarnya. Dirinya juga menjelaskan bahwa Kehadiran nya yang paling utama adalah ingin menyapa dan bersilaturahmi dengan melihat warga kabupaten Maros di perantauan, dan ini adalah hal yang luar biasa. Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat maros berterima kasih kepada PJ Bupati Kepulauan Yapen yang terus bersama masyarakat maros dalam membangun kabupaten kepulauan Yapen.

Pj Bupati Cyfrianus Mambay dalam sambutannya mengatakan bahwa selama kabupaten ini ada tidak pernah ada konflik dan hal ini menunjukkan bahwa di kabupaten kepulauan Yapen hidup rukun dalam kemajemukan sehingga kabupaten kepulauan Yapen ini aman, selaku pemerintah daerah atas nama masyarakat di kepulauan yapen menyambut baik kedatangan Bupati Maros. Sepanjang Kabupaten Kepulauan Yapen dan masyarakat Maros disini, selalu memberikan dukungan kepada sesama masyarakat disekitarnya dan kemajuan bagi kabupaten kepulauan Yapen salah satunya membangun kebersamaan dalam kemajemukan sehingga Kabupaten Kepulauan Yapen dikenal di provinsi Papua sebagai Kota Zona Damai, Dengan melibatkan seluruh Suku termasuk Masyarakat Maros ujar Pj Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay.

Foto : Andrew Woria