Awunawai – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania,S.IP mewakili Penjabat Bupati Kepulauan Yapen menghadiri kegiatan Halal BI Halal Yang dilanjutkan dengan Pengukuhan Pengurus Cabang Paguyuban Antar Keluarga Jawa di Serui / panjawi Distrik Yapen Timur berlangsung di Gedung Olahraga PT SWPI Awunawai, pada Minggu 21/05/2023.

Pengukuhan Pengurus Panjawi Yapen Timur masa bakti 2023-2028 terdiri dari Pinih Sesepuh antara lain, Sugeng Riyadi, Suprianto, Salim, Ketua cabang adalah Muhhammad Hendra, Ketua harian, Sugino dari Kerukunan Keluarga wong sragen, Joko Susilo (Ngawi Ramah), Ezacha Pratama (sejo tunggal) Rodhy (Paguyuban wong Bojonegoro), Taufik Hidayat (Ikatan keluarga Madura), Atik Sumarto (Kerukunan Keluarga Jabal Nur) . Sementara Sekretaris panjawai adalah Dwi  Septian Hidayat, Sekretaris 2, Ainur Rahman, Bendahara 1, Jatmiko, Bendahara 2 Sri Wahyuni.

Ketua Umum Panjawi Heri Setiawan, SE  pun secara resmi mengukuhkan kepengurusan Panjawi Yapen Timur yang disaksikan oleh warga masyarakat Panjawi, Pemerintah Daerah serta Forkompinda, dan tokoh masyarakat Sedistrik Yapen timur.

Ketua Panjawi Yapen Timur, Muhammad Hendra dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya berterima kasih atas amanah dan kepercayaan untuk mengembang tugas sebagai ketua Panjawi Yapen Timur, tanpa kepercayaan ini, maka tak mungkin dirinya bisa berdiri sebagai ketua Panjawi Yapen Timur tuturnya.  Selain itu dirinya berharap agar semua pengurus Panjawi agar melanjutkan amanah tersebut sesuai dengan aturan yang telah ada ungkapnya. Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Panjawi Kabupaten Kepulauan Yapen, Heri Setiawan, SE pada sambutannya berharap pengurus dapat melayani warga dengan rasa empati, serta adanya ketergantungan hati disaat warga Panjawi membutuhkan bantuan. Dengan bentuk kebersamaan yang tulus akan memberi dampak kekuatan organisasi sehingga Panjawi Yapen Timur akan maju dan solid, pengurus cabang juga diharapkan segera menyusun program kerja dengan melihat situasi dan kondisi. Pengurus cabang diharapkan dapat berkoordinasi dengan pemerintah distrik Yapen Timur, aparat keamanan, tokoh adat, Tokoh masyarakat dengan menjunjung nilai toleransi sebagai anak bangsa dalam bingkai NKRI di Yapen Timur ujarnya.

Dalam sambutan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, menjelaskan bahwa pemerintah Daerah menyampaikan selamat kepada pengurus Panjawi Yapen Timur yang baru saja dikukuhkan dan beberapa pesan Antara lain melaksanakan amanah dan tugas sebagai wujud kecintaan dan kebanggaan terhadap organisasi, membangun silaturahmi Dan hidup rukun bersama masyarakat lokal demi soliditas dan solidaritas masyarakat Panjawi, serta turut berkontribusi dalam menjaga stabilitas kondisi daerah terutama jelang pemilu 2024. Selain itu diharapkan dapat menjalin koordinasi dengan baik antara pengurus kabupaten dan dapat bersinergi dalam melaksanakan program kerjanya.

Dirinya berpesan kepada pemerintah distrik dan masyarakat, untuk bersama sama keluarga Panjawi serta mendukung keberadaan mereka karena semuanya adalah anak bangsa yang saling menghormati meskipun berbeda suku, budaya dan agama.

Foto : Humas Yapen