Kamanap – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen menghadiri kegiatan penanaman Mangrove yang berlangsung di Kamanap, Senin, 15/05/2023. Kegiatan penanaman Mangrove ini berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia hal ini ditegaskan secara langsung oleh Komandan Kodim 1709 Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo Nugroho. Dandim 1709 Yawa Mengatakan kegiatan ini dilaksanakan secara nasional pada pagi hari dan dilanjutkan vidcon sore hari di Makodim 1709 Yawa, kegiatan ini dilakukan di tiga titik dimana 2 titik di Yapen dan 1 titik di Waropen. Dan diharapkan bisa berlanjut, selain itu masyarakat diharapkan bisa terlibat merawat tanaman mangrove setelah ditanam.

“Kita laksanakan terlebih dahulu penanaman mangrove di kabupaten kepulauan Yapen, saya sangat terima kasih kepada masyarakat, kita sama sama mengamankan alam kita agar bisa terjaga” ujarnya

Sementara itu, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si dalam sambutannya mengatakan  bahwa mangrove sendiri ada 7 jenis mangrove, mangrove perlu ditanam Karena berfungsi menahan abrasi ombak dan gelombang, sehingga mangrove dapat menahan agresi ombak. Selain itu mangrove juga sebagai tempat berkumpulnya unsur hara atau tempat makan bagi sejumlah biota dan hewan hewan laut oleh karena itu fungsinya begitu penting bagi manusia ujarnya.

Pj Bupati Mambay menyebutkan bahwa apa yang dicanangkan panglima TNI harus disambut dengan baik, sehingga kebiasaan menanam mangrove harus bisa dicanangkan dan di program dalam ABK kampung, mengingat fungsi mangrove begitu penting bagi manusia. pemerintah daerah juga berterima kasih untuk kegiatan ini terutama untuk kehidupan masyarakat nelayan tuturnya

“Sekali lagi atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan terimakasih kepada panglima TNI, Dandim 1709 Yawa, dan apa yang kita buat untuk suitablety bagi masyarakat dan Indonesia ” ujarnya.

Penanaman mangrove ini dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania Wakil Ketua 1 DPRD Jasten Simanjuntak, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Herzoni Saragi, Kajari Kepulauan Yapen, Hendry Marulitua, Ketua Pengadilan Negeri Serui,  Deddy Thusmandhi.

Foto : Humas Yapen