Serui  – Sabtu 6 mei 2023 Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar pembukaan malam budaya maluku yang di selenggarakan  dalam rangaka peringatan HUT ke-206 Kapitan Patimura. Kegiatan ini berlangsung di hamalaman gereja GKI Makedonia Tanao. 

Acara dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Sekda Ir. edi mudumi mewakili Pemerintah Daerah, Perwakilan Dandim 1709/YAWA, Perwakilan Polres Kepulauan Yapen, serta Ketua Kerukunan dan Paguyuban yang ada di Kepulauan Yapen.  Dalam sambutan Pemerintah Daerah yang dibacakan oleh asisten 1 sekda  Ir Edi Mudumi menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi, atas kreativitas dan inisiatif dari pihak penyelengara kegiatan ini, selain itu juga berharap kegiatan ini juga dapat menjadi upaya dalam melestarikan keanekaragaman budaya sebagai jati diri suatu bangsa dan memperkuat rasa kebersamaan ditengah pengaruh perubahan global dewasa ini. 

Selanjutnya usai sambutan- sambutan Acara ini di isi dengan parade budaya, bertutur sejarah Patimura,lomba fesion show khas maluku, dan pentas seni budaya maluku.