Serui- pembukaan festival teluk Cenderawasih yang di laksanakan di lapangan trikora serui, berlangsung sangat meriah, dan di hadiri oleh penjabat bupati kabupaten Kepulauan yapen yang juga sekaligus membuka kegiatan festival dimaksut, dan di dampingi kepala dinas pariwisata pemuda dan olahraga, kepolres yapen, perwakilan dandim 1709,ketua lembaga konsutan pariwisata papua, perwakilan BUMN/BUMD di lingkup kabupaten Kepulauan yapen.


Dalam sambutannya saat membuka kegiatan festival teluk Cenderawasih ini penjabat bupati yapen menyampaikan puji syukur ke hadirat Tuhan karna oleh perkenaanNya kita bisa melaksanakan dan menghadiri iven promosi pariwisata yapen, yang di selenggarakan oleh dinas pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten yapen.

“Saya mengajak kita semua untuk mendukung dan meng sukseskan ivent promosi atraksi wisata ini, agar berlangsung aman dan terkendala dan membuahkan hasil yg memuaskan, sesuai dengan harapan kita”

Berikut nya ada beberapa hal yang di harapakan dapat terwujud melalui ivent ini di antaranya:
1.Tertanam dalam diri dan sanubari kita selaku anak negeri, rasa kecintaan dan kebangaan kita terhadap seni budaya sendiri, sehingga dapat terus di jaga dan di lestarikan agar tidak terkikis nilai-nilia yang terkandung oleh pengaruh budaya luar seiring perkembangan global.
2.Bertumbuh dn bertambah semngat dan kreatifitas dari para seniman dan budayawan, dalam mengelolah potensi kearifan lokal budaya, sehingga kita siap untuk di promosikan dan mampu berdaya saing pada ivent promosi wisata berskala nasionalnasional bahkan internasional. Slah satu yang akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang yaitu sain teluk Cenderawasih. Ketika semakin di kendalanya seni budaya kabupaten yapen oleh saudara kita warga nusantata maka akan menghidupkan rasa acis (aku cinta serui) yang berdampingan pada keinginan untuk terus bekerja. Membangun kabupaten yapen.


Dan guna mendukung hal-hal yang telah d sampikan tadi penjabat bupati mengharapkan agar semua yang akan tampil nanti agar nunjukan peformens yang terbaik pada setiap atraksi yang di tampikantampikan, serta tetap menghormati dan menghargai setiap peserta. Dan untuk dinas terkait agar bisa terus memberikn pendampingan serta pembinaan kepada sangar atau Grub yang tampil seusai ivent ini. Sebagai wujud perhatian yang berkelanjutan dari pemerintah daerah.yang berikut membangun kerja sama yang baik antar lintas OPD, distrik, kampung serta elemen masyarakat.serta mengoptimalkn pemanfaatan kecangihan teknologi informasi diera ini sebagai satu langkah strategisuntuk mempromosikan seni budaya d kabupaten yapen.
Kegiatan ini di meriahkan dengan tarian yospan, yanyian dari sangar- sangar musik dan tari daerah di serui, serta tari balada cendrawasih yang sangat memukau para penonton yang hadir mengikuti pembukaan festival teluk Cenderawasih ini.