Serui – Penobatan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si,. Sebagai Mambri Pariwisata oleh Dewan Adat Suku Ampari berlangsung dalam festival sal teluk cenderawasih tahun 2022. Sebelum menutup Kegiatan Tersebut, dalam sambutannya Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay mengatakan bahwa Sebuah kebanggan bagi kepulauan Yapen bahwa hari ini telah dimulai babak baru, melalui dinas pariwisata pemuda dan olahraga, adanya dorongan bagi semua masyarakat untuk menggali seluruh potensi budaya, adat dan istiadat. dijelaskan Penjabat Bupati Mambay bahwa Event ini telah memberikan semangat baru bagi pertumbuhan tari tari kreatif dari budaya kita sendiri. Even ini juga telah mendorong akan bertumbuh nya kreatif masyarakat, UMKM, mendorong meningkatkan dan menghidupkan tradisi dan budaya kita yang hampir punah.

Melalui acara ini semua masyarakat adabtekah dimungkinkan untuk menghidupkan kembali seluruh potensi budaya nya.Pemerintah daerah menghimbau agar melalui even ini dapat menjaga, menghidupkan dan menghormati budaya kita ujarnya

“Mari kita pertahankan, terus melestarikan budaya kita untuk pembangunan daerah kita” ujarnya

Selain itu Dirinya secara pribadi, berterima kasih kepada kepala suku Ampari karena dinobatkannya Penjabat Bupati Kepulauan Yapen sebagai Mambri Pariwisata.

Bertepatan dengan itu, diserahkan Juga Juara satu lomba balap motor tempel dimana bagi juara 1 menerima 1 unit motor tempel 15 PK atas nama Jimy Wainggai, Juara 2 atas nama Selvanus Waromi mendapatkan uang pembinaan sebesar 5 Juta Rupiah serta Juara ketiga Obet Maniani mendapatkan uang pembinaan sebesar 3 Juta Rupiah. Untuk lomba Dayung CG juara 1 menerima Tropi dan uang Pembinaan sebesar 9 Juta Rupiah.

Foto : Andrew Woria