Serui – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si,. Pada hari Selasa 06/12/2022 menggelar Sidak ke Pasar Aroro Iroro Serui.

Kunjungan dadakan ini untuk melihat proses pembangunan los, pekerjaan jalan halaman pasar oleh pemerintah daerah dan sebagai Penjabat Bupati dirinya ingin melihat dari dekat proses tersebut. Selain itu, Penjabat Bupati ingin menyampaikan kepada OPD teknis (Disperindag) untuk menertibkan pasar seperti los los yang telah ditempati dan penyelesaian Pembangunan, dan berharap agar para penjual yang harus menempati los bagian bawah dengan pertimbangan pengangkutan sembako atau nama dapat mudah mengangkut dagangan nya.

Kunjungan ini juga memastikan bahwa semua los baru tidak diperjualbelikan oleh pihak pihak yang tak bertanggung jawab, tetapi semuanya dikelolah oleh pemerintah melalui dinas Perindag agar bisa menertibkan. Pemerintah Daerah telah menetapkan dan akan menertibkan mulai dari masuk hingga yang menjadi kewajiban pedagang, dan dapat menghindar calo calo yang menuajual los ini mengatas namakan pemerintah daerah,

“Pasar ini, saya mendengar banyak cerita dari para pedagang, mereka susah karena mereka ditagih dengan biaya biaya yang mahal. Mereka di janji dan ketika tidak dapat, kasihan mereka mau mengadu kemana? ” Tuturnya

Mambay mengatakan bahwa sebagai pemerintah daerah berkewajiban menertibkan sehingga tak ada pungutan liar tetapi melalui pemerintah dengan tertib dan pedagang tak dirugikan.

Kehadiran nya juga melihat secara dekat, beberapa bagian pasar yang belum dibenahi, dirinya mau pasar ini menjadi pasar yang sehat bagi masyarakat. Pj Bupati juga meminta kepada OPD yang menangani drainase yang telah dibangun keliling pasar, namun nampak sampah masuk hampir memenuhi drainase, dirinya akan meminta agar drainase yang terbuka agar segera ditutup sehingga sampah tidak masuk kedalam drainase tersebut.

Sementara terkait pembangunan terminal pasar, Pj menyebutkan akan segera memasang portal masuk ke dalam parkiran sehingga tertib masuk ke area Pasar.

Foto : Humas Yapen