Serui – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) di kabupaten Kepulauan Yapen bersama relawan menggelar acara malam renungan bertema “Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri HIV” yang dilaksanakan di  gedung silas papare serui 01/12/2022, arti penting malam renungan ini  terutama para aktivis HIV-AIDS, orang dengan HIV-AIDS (ODHA) serta orang yang di sekelilingnya merupakan hari yang dapat dijadikan momen untuk memberitahukan kepada semua orang mengenai bahaya HIV-AIDS dan bagaimana menanggulanginya secara manusiawi.

Acara ini juga dihadiri  oleh Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Forkopimda di lingkup kabupaten Kepulauan  Yapen, tokoh agama, tokoh adat, warga peduli AIDS,  Para Pelajar, Mahasiswa peduli HIV, sejumlah LSM Peduli AIDS, Komunitas Peduli AIDS,tenaga kesehatan serta lintas sektoral jajaran pemerintah Daerah kabupaten Kepulauan Yapen. dalam sambutan Pemerintah daerah yang dibacakan oleh Sekretaris daerah, Erny tania mengatakan bahawa lewat kesempatan ini, pemerintah daerah  meminta kepada semua, agar dibalik keresahan dan kewaspadaan terhadap HIV AIDS, jangan kita menjauhkan diri dari saudara-saudara kita yang berstatus Odha,tetapi sebaiknya kita berikan perhatian, penguatan serta pembinaan kepada meraka agar mereka tidak merasa disisihkan melaikan tetap bersemangat menjalani kehidupan.

Malam renungan AIDS ini dilakukan dengan menyalakan lilin lambang HIV AIDS, di mana ini adalah bentuk kepedulian terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mengingat  Kasus terlapor  d kabupaten Kepulauan Yapen, 1611 kasus perhari ini sesuai laporan sekertaris Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Kepulauan Yapen dalam sambutannya.

Renungan malam AIDS ini juga diisi dengan frakmen yang menyampaikan pesan-pesan positif kepada ODHA, serta pencegahan HIV/AIDS juga,Puisi,dan aksi pengalangn dana.  Serta pembagian bingkisan dari komunitas mari berbagi ke pada odha. Yang di serahkan langsung oleh ketua komunitas KMB Erny Tania

Editor : Andrew Woria

Foto : Astry Woisiri