Serui – Tim kewaspadaan dini menggelar Rapat bersama Forkompinda di kabupaten kepulauan Yapen dalam rangka pengamanan 1 Desember 2022. Dalam arahan Plh Sekretaris Daerah, Ir Wahyudi Irianto mengatakan bahwa rapat ini adalah bentuk Langkah langkah kewaspadaan dini terkait dengan pengamanan 1 Desember dimana perlu menjadi perhatian kita karena tanggal tersebut masih dianggap penting bagi sebagian warga yang berseberangan paham dan memerlukan perhatian khusus. Pemerintah Daerah Memiliki tanggung jawab membuat situasi daerah, kondisi aman dan nyaman. Kalau ini tidak diantisipasi dan dianggap tidak diantisipasi, nantinya akan dimanfaatkan orang orang tertentu.

Dirinya berharap melalui rapat ini dapat dibicarakan baik sehingga langkah langkah dan kordinasi perlu dibangun sehingga kondisi yang aman dan nyaman bisa tercipta dengan baik.

“Inti nya bahwa rapat ini bisa membuahkan satu pemikiran konkrit bersama sehingga bulan Desember ini bisa tercipta dengan kehidupan yang aman dan nyaman” ujarnya

Ditambahkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Yapen, Sonny Woria bahwa rapat ini merupakan tindak lanjut dari arahan penjabat bupati terkait 1 Desember karena merupakan antisipasi dari pemerintah daerah dalam rangka menjaga Kabupaten Kepulauan Yapen yang nyaman dan tertib. Forum ini juga memberikan kesempatan kepada Forkompinda untuk menyampaikan pikiran dan saran terkait keadaan umum terkait 1 Desember dan tahun baru, dan tim kewaspadaan dini akan membuat rekomendasi nya untuk ditindaklanjuti kepada Kepala Daerah.

Selain itu Dalam arahan dandim 1709 Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo Nugroho mengatakan bahwa kodim telah melaksanakan antisipasi 1 Desember dengan berkampanye dengan tokoh adat dan masyarakat di kabupaten kepulauan Yapen sehingga sebisa mungkin pada 1 Desember ada pengibaran Bendera Bintang Kejora. Kodim juga berkordinasi dengan Polres dengan melakukan patroli di beberapa titik sebagai bentuk sinergis antara TNI Polri sehingga di Kepulauan Yapen tidak ada satupun yang mengibarkan bendera bintang kejora.

hal senada juga disampaikan Polres Kepulauan Yapen, melalui Kabag Ops, AKP Lintong Simanjuntak bahwa Ada 4 agenda yang perlu menjadi perhatian di bulan Desember antara lain, 1 Desember, 10 Desember Hari HAM, 14 Desember hari Melanesia dan Terkait Nataru 25 dan 1 Desember. Terkait 1 Desember akan dilakukan cipkon dengan sinergi bersama TNI, sementara Terkait sejumlah tempat tempat yang menjadi titik harus disikapi, dan bekerja sama agar masyarakat setempat dapat membantu dalam pengamanan, sehingga TNI Polri akan tetap melaksanakan giat patroli dialogis.

Plh Sekretaris Daerah, Ir Wahyudi Irianto dalam tanggapannya mengatakan rapat ini menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam menanggapi tanggal tanggal tertentu dalam rangka menciptakan kondisi aman, tentram, tertib, nyaman sehingga masyarakat tidak terganggu dengan yang tak diinginkan. Kesimpulan dalam pertemuan kali ini adalah:

1. perlu ada aksi dan reaksi sebagai tindak lanjuti pertemuan ini

2. Perlu di dukung akomodasi dan dana

3. Perlu ada himbauan kepada masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, kepala kampung, kepala distrik untuk menjaga situasi Kamtibmas.

4. Perlu pendekatan persuasif kepada yang diduga melakukan pelanggaran

5. Perlu sinergitas antara TNI Polri dan satuan tugas

6. Dan kepada pimpinan pimpinan agama agar perlu menyampaikan jadwal rencana kegiatan peribadatan kepada pemerintah daerah agar diteruskan kepada tim kewaspadaan dini untuk dilakukan pemantauan pemantauan dalam kegiatan peribadatan.

Foto : Humas Pemda