Serui – Pemerintah Provinsi Papua melalui Diskominfo Papua menggelar Kegiatan sosialisasi literasi Digital di Kabupaten Kepulauan Yapen, Kegiatan ini berlangsung di gedung Silas Papare Serui, pada hari Jumat 11/11/2022.

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Yapen yang diwakili oleh Asisten II Perekonomian Oktovianus Ayorbaba menyampaikan kegiatan sosialisasi literasi Digital ini Sebagai lanjut kegiatan penyerahan operasi Video Tron. Seiring kemajuan teknologi informasi, segala aktivitas hidup manusia yang berkaitan dengan informasi sudah diakses secara digital, fenomena ini selain memberikan kemudahan tetapi juga menjadi tantangan. Sehingga suka maupun tidak suka, semua nya ditutut untuk memahami digital dan beradaptasi serta berkompetisi ditengah pesatnya.Upaya ini adalah penguatan kepada masyarakat akan literasi Digital yang adalah pengetahuan untuk menggunakan teknologi informasi. Asisten II Sekda juga menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah juga berharap agar Materi ini dapat membuka wawasan dan kesadaran masyarakat akan tertibnya dunia digital. Selain itu Pemda mengajak agar mendukung dan mensukseskan kegiatan sosialisasi literasi digital kali ini

“Besar harapan kami, semoga kerja sama yang baik ini khusus nya bidang informasi dan komunikasi dapat ditingkatkan lagi khususnya bagi kemajuan Daerah dimasa yang akan datang ” ujarnya

Sementara itu Kabid Pengelolaan informasi Publik Diskominfo Provinsi Papua Irma Soelaiman dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah atas fasilitas sehingga dapat diselenggarakan nya literasi digital kali ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara menggunakan fasilitas media digital yang marak sehingga literasi ini perlu disosialisasikan ke masyarakat bagaimana memanfaatkan media digital, mengelola dan memakai lebih bijak. Materi akan disampaikan oleh relawan TIK dan Tim Kominfo yang akan memberikan bagaimana cara menangkal Hoax yang beredar dimasyarakat.

FOTO : Humas Yapen