Serui – Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri, Walter E Malau, S.Sos M.PA kepada Humas menyebutkan bahwa pihak nya membantu dan mendukung program Gisa atau Gerakan Indonesia Sadar Adminduk khusus di di Yapen, diluar dari beberapa daerah lain di Papua.

Secara khusus di Yapen dari hasil rekapitulasi pada sistem, ditemukan ada anak yang tepat di 17 Agustus 2022, genap bertambah usia menjadi 17 tahun, maka di Momentum ini dimanfaatkan sebagai tonggak sejarah bagi siswa SMK YPK atas nama Dimas Aninam.

Dimas menerima dokumen kependudukan berupa E-KTP karena telah menjadi wajib KTP baru dan juga dana hibah sebagai Apresiasi oleh Bank Papua Kancab Yapen berupa akun Tabungan sebagai orang dewasa yang telah memiliki dokumen kependudukan.

Sementara itu Kadisdukcapil Yapen, Harold Weno menjelaskan bahwa kehadiran Perwakilan Ditjen Dukcapil Kemendagri ini di Papua salah satunya di Yapen yaitu dalam rangka suksesi program Gisa 3T,  dan berkolaborasi untuk meningkatkan angka perekaman e-KTP di Yapen, salah satu strategi yang ditempuh adalah melakukan jemput bola perekaman e-KTP. Dan ketika sampai di SMK YPK Serui, ada ditemukan adik Dimas Aninam tepat berusia 17 Tahun pada 17 Agustus 2022. Maka bersepakat untuk memberikan bingkisan karena di usianya ke 17 tahun dengan kesadaran penuh ingin membuat KTPnya.

Foto : Humas Yapen

Editor : Andrew Woria