Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara Tahun 2022 yang dilaksanakan secara virtual dan dirangkai syukuran, di Gedung Mambora Polres Kepulauan Yapen. Selasa 5 Juli 2022.

Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden RI H. Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta, yang diikuti Kapolri dan Panglima TNI serta jajaran menteri dari kantor masing-masing, juga jajaran Polda dan Polres se Indonesia.

“Selamat HUT Bhayangkara ke-76 tahun dan Polri dan jajaran agar dapat terus bekerja optimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara, terutama dalam menghadapi ancaman dalam negeri,” katanya

Tak lupa, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras Polri dan jajaran yang terus berjuang, dalam menghadapi pandemi virus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia ini. Adapun untuk syukuran HUT ke-76 Bhayangkara dengan tema yang diusung “Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh – Indonesia tumbuh. Kapolres AKBP Ferdyan Indra Fahmi,  berterimakasih kepada Bupati yang diwakili Asisten III Setda, Ir. Wahyudi Irianto, jajaran Forkopimda serta seluruh tamu undangan yang sudah hadir pada kegiatan syukuran Hari Bhayangkara ke-76.

Acara syukuran yang merupakan tradisi ini tentunya diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala petunjuk berkah dan hidayahnya kepada segenap keluarga besar Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mengabdi kepada masyarakat dan negara, Dijelaskan dia, selama 76 Tahun Polri telah melaksanakan tugas dan pengabdiannya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, tentunya tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dan kerjasama dari seluruh elemen lapisan masyarakat maupun stakeholder yang ada.

Diketahui Pandemi COVID-19 sudah mulai meredah namun masih menjadi persoalan yang dihadapi seluruh masyarakat di Indonesia, yang tentunya menimbulkan banyak permasalahan pada aspek kehidupan. Tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, namun juga perekonomian nasional. Oleh karena itu Polri dalam rangka HUT Bhayangkara ke 76 mengusung tema berkaitan dengan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh – Indonesia tumbuh. Peringatan hari Bhayangkara ke-76 ini diharapkan dapat menjadi reperesentasi dari tekad dan semangat Polri untuk mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif, menjaga iklim ekonomi yang positif sehingga dapat meningkatkan produktifitas masyarakat dalam proses pemulihan pandemi katanya.

Ia berharap pihaknya dapat terus berupaya maksimal untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas pokok fungsi dan perannya, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang.Dan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara, agar jajaran Polri di Papua khususnya di Kabupaten Kepulauan Yapen senantiasa mendapat limpahan rahmat kekuatan bimbingan dan kepercayaan.

Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, dalam sambutannya yang disampaikan Asisten III Setda Ir. Wahyudi Irianto mengatakan senang bisa bersama-sama pada syukuran Hari Bhayangkara, momentum HUT Bhayangkara ke-76 dapat menjadi penyemangat bagi jajaran Polri, khususnya Polres Kepulauan Yapen untuk terus meningkatkan kinerjanya di masa-masa yang akan datang.

“Kami merasakan betul bagaimana peran Polres Kepulauan Yapen dan juga jajaran TNI yang turut membantu terhadap giat pengamanan di Kabupaten Kepulauan Yapen, sehingga suasana di Yapen sangat kondusif dan memungkinkan pembangunan di Yapen untuk mencapai visi misi Yapen yang lebih Nyaman, lebih Maju, dan lebih Sejahtera,” Ucap Asisten III

Dirgahayu Bhayangkara ke-76, terus maju, terus berikan yang terbaik, atas nama pribadi dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya Polres Kepulauan Yapen selama ini.Sudah 2 Tahun bersama-sama kita menangani COVID-19 dengan menerapkan program pemerintah, dilakukannya penerapan kesehatan dan vaksinasi membentuk herd imunitty untuk menekan penyebaran virus, dimana kepulauan yapen sudah berada di angka nol, diharapkan dapat menjadi pertanda baik.

Puncak Ucapan syukur itu, dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolres AKBP Ferdyan Indra Fahmi dan pemotongan tumpeng pertama diberikan kepada Kajari Henry Marulitua, tumpeng kedua kepada Ir Wahyudi mewakili Pemerintah Daerah, dilanjutkan tumpeng ketiga untuk Perwakilan Kodim dan mewakili DPR Yapen diterima oleh Waket 2, Fredolin Warkawani, Kapolres juga memberikan potongan tumpeng untuk Ketua Bhayangkari kepada Ny Novia Ferdyan, Perwira tertua diterima Wakapolres Kompol Hardi dan ditutup pemberian tumpeng mewakili Brigadir termuda.Turut hadir berbagai elemen masyarakat dalam acara ini mulai dari Forum Pimpinan Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Pimpinan BUMN dan BUMD, dan Para Perwira di Jajaran Polres Kepulauan Yapen.Diketahui, jelang HUT Bhayangkara ke-76 tahun, Polres Kepulauan Yapen, sudah menggelar berapa kegiatan, diantaranya Vaksinasi Massal, Sunatan Massal, Berbagi Kasih dan beberapa kegiatan lainnya.

Foto – Robby Mesak