Serui – Sejumlah kepala kampung di pegunungan muman, pada hari Senin 30 Mei 2022 bertemu dengan asisten satu pemerintahan dan kesra, Erny Renny Tania, S.IP yang juga adalah pelaksana Tugas sekretaris daerah kepulauan Yapen.

sejumlah Kepala kampung diantaranya kepala kampung Ramangkurani, ambaidiru, Kepala kampung mambo serta kepala kampung nunaman.

Kepada kepyapenkab.go.id, Plt Sekretaris Daerah menjelaskan bahwa penting karena untuk mulai melakukan penataan pengeloaan dana kampung agar bisa di manfaatkan lebih guna mencapai pengeloaan yang lebih produktif, Mengingat dana kampung tidak akan selamanya terus di gulirkan oleh Pemerintah Pusat.

Erny juga berharap masyarakat kampung bisa memanfaatkn dana kampung yang ada sehingga bila nanti dana kampung sudah tidak lagi di gulirkan, masyarakat sudah bisa lebih mandiri dalam pengolaaan sumberdaya yang ada d kampung.

“Dari 165 kampung yang ada, saya merasa kampung ambaidiru ini sangat unik. sudah mudah di jangkau dan dengan potensi yang ada sangat mungkin dapat berkembang menjadi kampung yang lebih produktif dan mandiri” ujarnya.

plt sekda juga berharap program SSH yg sudah di programkan oleh Bupati Kepulauan Yapen dapat berjalan d tahun ajaran baru ini. Untuk program SSH (sekolah sepanjang hari) tahun ini pemerintah mentargetkan 7 kampung. 2 Diantaranya akan di buka di kampung Mambo dan Ambaidiru.

Jika program SSH sudah berjalan berarti kita juga sudah menyiapkan generasi kita dari yang kecil ujarnyaDan dari alokasi dana desa ini, plt sekda berharap agar bisa di manfaatkan lebih baik lagi, baik di bidang ketahanan pangan, padat karya desa dan beberapa program lainnnya agar kampung bisa lebih mandiri lagi kedepannya.

Foto : Astry Jeanet Woisiri