Serui – Pembukaan TMMD ke 113 Tahun 2022 berlangsung di Halaman Apel Kantor Bupati Kepulauan Yapen, pada hari Rabu, 11/05/2022. Dalam laporan TMMD ke 113 oleh Dansatgas TMMD ke 113 / Dandim 1709 Letkol Catur Prasetyo Nugroho, S.I.P menjelaskan bahwa TMMD akan berlangsung di Kampung Poom 1 Distrik Poom. tujuan TMMD Ke 113 ini adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Tema TMMD ke 113 adalah dedikasi Terbaik membangun NKRI dengan sasaran kegiatan fisik berupa pembangunan 8 unit rumah layak huni, berukuran 9X7 meter atau Type 63. Selain itu juga untuk sasaran non fisik berupa diadakan penyuluhan antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, sosialisasi stunting, sosialisasi posbindu PTM, serta penyuluhan Hukum dan Kamtibmas. Pelaksanaan akan berlangsung dimana pra TMMD mulai 26 April hingga 10 Mei 2022, sementara Pelaksanaan TMMD pada 11 mei hingga 09 Juni 2022 yang melibatkan 111 aparat TNI, 25 Orang Aparat Polri, 14 Orang Aparat Pemda dengan total 150 Orang yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Serta dukungan dana dari Mabes TNI.

Dandim 1709 letkol Inf Catur Prasetyo Nugroho, S.i.P dalam sambutannya mengatakan bahwa 8 Unit rumah Type 63 ini nantinya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Poom 1.

Selaku komandan kodim, dirinya berterima kasih kepada pemerintah daerah kepulauan Yapen yang mendukung anggaran kegiatan fisik TMMD ke 113 tahun 2022.Sementara itu Bupati Tonny Tesar, S.Sos dalam Sambutannya mengatakan bahwa atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan kepada Danrem 173 PVB dan Komandan Kodim 1709 bersama jajarannya.

“Kita semua berharap bahwa pekerjaan pembangunan perumahan rakyat di kampung Poom 1 ini, yang dilaksanakan melalui kegiatan TMMD ke 113 ini, bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan lancar dan bisa selesai dan segera bisa ditempatkan oleh masyarakat kita. ” Ujarnya

Bupati juga meminta kepada kepala Distrik Poom, Kepala kampung, dan tokoh masyarakat agar dapat menyambut baik pelaksanaan TMMD ke 113 dan turut membantu serta mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh satgas TMMD disana.

Foto : Andrew Woria