Reporter : Andrew Woria

Serui – Orang Tua Murid SD Negeri Inpres Tingkat Serui melayangkan aksi Protes yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Aksi Protes ini adalah bentuk Kekecewaan atas dilantiknya Kepala Sekolah SD Inpres Tingkat Serui, pada Pelantikan Pejabat pengawas dan administrator oleh pemerintah daerah.

SD inpres Tingkat ini adalah Sekolah Negeri yang di pimpin oleh seorang plt Kepala Sekolah pasca pensiunnya kepala sekolah definitif dimana Plt Kepala Sekolah SD Inpres Tingkat, adalah Raymon Nanlohy, S.Pd yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nota Dinas menggantikan Agustina Erari, A.Md.Pd,. sejak 19 November 2021. kordinator Orang tua Murid, Alonsia Ayomi mengatakan bahwa merasakan perubahan di dalam kepemimpinan  plt Raymon Nanlohy dengan sejumlah kebijakan yang berpihak kepada siswa, Raymon Nanlohy kini dilantik dan menjabat sebagai kepala sekolah di SDN Cina Tua Serui.

Sementara menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen, Zakarias Sanuari menyebutkan bahwa Aspirasi masyarakat telah diterimanya, dirinya juga berpesan bahawa masyarakat tidak boleh memaksakan aspirasi nya untuk disetujui oleh pemerintah karena untuk pelantikan kepala sekolah telah dipakai mekanisme  dan syarat menjadi kepala sekolah yang dibahas di Dinas dan disampaikan ke Baperjakat. Dirinya juga menyampaikan bahwa Kepala Sekolah yang dilantik tidak bisa langsung di ubah SK pelantikan nya karena dalam aturan hanya bisa diubah 6 bulan setelah dilakukan evaluasi setalah dilantik.

Saat ini pemerintah daerah telah melantik Kepala Sekolah untuk SD Inpres Tingkat Serui yang kini dijabat oleh Lapuardi Mantan Kepala Sekolah SD Negeri Cina Tua, sementara Plt. Kepala Sekolah SD Inpres Tingkat Serui, Raymon Nanlohy dilantik dalam jabatan baru nya sebagai Kepala Sekolah SD Negeri Cina Tua.

( Foto : Andrew Woria )