Reporter : Andrew Woria

Serui – 5 Tahun mengabdi di Kabupaten Kepulauan Yapen, akhirnya Program Indonesia Mengajar Pamit dari Kabupaten Kepulauan Yapen. Hal ini berlangsung lewat Forum Pendidikan Yapen Kilas Balik 5 Tahun Pendidikan, pada hari Jumat, 11/02/2022. Hadir dalam Forum ini, Staf Khusus Milenial Presiden RI, Gracia Billy Mambrasar, Bupati Tonny Tesar, Wakil Bupati Frans Sanadi, Plt Sekretaris Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD, Para Penggerak Pendidikan, serta Perwakilan Pelajar.

Stafsus Presiden RI, Gracia Billy Mambrasar dalam forum ini menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen yang bisa menerima dengan baik kehadiran Indonesia Mengajar, ia juga  menyampaikan bahwa lewat forum ini juga untuk Memperkenalkan sejumlah Komunitas penggerak Pendidikan yang peduli kepada pendidikan di Kabupaten Kepulauan Yapen, serta melihat kilas balik pendidikan di Kepulauan Yapen dalam 5 tahun kolaborasi Indonesia Mengajar di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Salah satu Founder Indonesia mengajar, Yundriati Erdani dalam kesempatan tersebut juga  menyebutkan bahwa Indonesia mengajar berdiri sejak 2010 dan telah berada di 20 Kabupaten di Indonesia selain itu telah berkolaborasi dengan penggerak pendidikan dalam kontribusi kemajuan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Yapen. Dirinya berharap setelah 5 tahun, maka Yapen dapat Turut serta bersama 20 Kabupaten lain nya dalam membentuk inisatif baru bagi kontribusi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Bupati Tonny Tesar pada kesempatan itu mengatakan bahwa Yapen harus bisa mandiri untuk menggerakkan pendidikan. Sehingga atas pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Yayasan Indonesia Mengajar.  Apa yang dilaksanakan selama 5 tahun ini tak hanya mengajar, tetapi juga kepada kita yang pengambil kebijakan harus menjadikan nya contoh lewat mereka ujarnya. Ditambahkan Bupati bahwa  kita di Yapen harus malu melihat mereka, datang jauh – jauh tinggal di kampung dan mau mengajar anak – anak kita,  ujarnya

Bupati Tonny Tesar kembali mengingatkan  ingin agar ada peningkatan SDM yang juga adalah salah satu Prioritas dikepemimpinan nya, dengan peningkatan kualitas guru – guru di Kepulauan Yapen.

( Foto : Andrew Woria )