Reporter : Andrew Woria

Serui – Bupati Tonny Tesar melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh agama secara khusus para hamba Tuhan dari denominasi Gereja di kabupaten kepulauan Yapen, pertemuan ini juga  dihadir langsung oleh kepala kantor kementerian agama kabupaten kepulauan Yapen, Adolina Wopi,  Ketua FKUB Kabupaten Kepulauan Yapen Pdt. Marthen Waromi, Ketua PGGK, Pdt. Christian Tanawani, serta sejumlah hamba Tuhan.

Dijelaskan Bupati Tonny Tesar bahwa maksud pertemuan ini adalah Dengan maksud ingin melaksanakan perayaan peringatan HUT PI ke 167 di tanah Papua Pada ,5/02/2022, selain itu terkait dengan kondisi pandemi Covid 19 di Yapen dimana terjadi peningkatan jumlah kasus sehingga perlu menurut pemerintah daerah,  bahwa segala sesuatu dapat terlindungi jika semua masyarakat dapat mendekatkan diri kepada Tuhan, oleh sebab itu  akan dilaksanakan dalam 1 ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani pada 04/02/2022 yang direncanakan di gelar di alun alun kota Serui.

Tak hanya membahas tentang HUT PI, Bupati Tonny Tesar juga selaku ketua panitia transit sidang sinode GKI berharap agar melalui perayaan HUT PI bisa melakukan diskusi dan kordinasi dengan panitia sidang sinode ke XVIII Waropen disana dalam mempersiapkan sidang sinode GKI di Tanah Papua.

” Jadi ada 3 agenda hari ini, yaitu
1. Hut Pekabaran Injil ke 167 tahun
2. Persiapan KKR dalam rangka campur tangan Tuhan dalam pandemi, dan
3. kita bisa masuk ke waropen dalam mengecek kesiapan sidang sinode GKI disana karena kita adalah panitia transit” ujarnya.

Sementara itu Ketua FKUB Kabupaten Kepulauan Yapen Pdt. Marthen Waromi  melaporkan bahwa seluruh lintas Agama akan diundang hadir menyaksikan peristiwa bersejarah bagi umat Kristen di kabupaten kepulauan Yapen, sehingga pihak nya juga akan siap untuk sekaligus mempromosikan tugu /  monumen Kasih sebagai sarana wisata sebagai aset rohani, serta mempromosikan sidang sinode GKI ke 18, dirinya juga mengajak sejumlah pimpinan agama untuk mendukung kegiatan ini, selaku ketua majelis jemaat selaku tuan rumah juga telah membentuk panitia ujarnya dirinya perkirakan yang akan hadir bisa mencapai 2 hingga 5 ribu umat Kristen.

Sementara ditambahkan ketua PGGK Kabupaten Kepulauan Yapen, Pdt.Christian Tanawani menambahkan bahwa persekutuan gereja-gereja di kabupaten kepulauan Yapen ( PGGK) mendukung acara 167 tahun HUT PI dan akan terlibat dalam pelaksanaan 05/02/2022.  Hal kedua adalah PGGK sepakat untuk pelaksanaan KKR pada 4 February 2022 dengan pembicara pastor Jhon Bunay

(Foto : Andrew Woria)