Reporter : Andrew Woria

Mantembu – Momen Natal adalah saat dimana seluruh keluarga besar dapat berkumpul dengan penuh sukacita, demikian yang dirasakan oleh keluarga besar suku Manare yang terdiri dari 49 Marga diantaranya. Dimana pada hari Selasa 14/12/2021, digelar perayaan natal keluarga besar suku Manare yang berlangsung di Gedung Gereja GKI Sion Mantembu.

Natal kali ini dibawa sorotan tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakan Persaudaraan” yang diangkat dari 1 Petrus 1 : 22.

Ibadah Natal ini diawali dengan Votum dan Salam yang dibacakan oleh Pnt.  Hendrikus Warmetan dilanjutkan dengan prosesi penyalaan lilin Natal serta puji-pujian dari vokal group, serta Pemberitaan Firman yang dilayani oleh Pdt. Henika Sada tentang arti sebuah persahabatan yang diangkat dari Yohanes 14 : 15 – 17.

Dalam kesempatan wawancaranya Marthyn Nupapati selaku Anggota Keluarga Besar Suku Manare menyebutkan bahwa dirinya hadir dalam Natal Suku Manare dimana suku ini meliputi 49 Marga yang tersebar di 16 distrik. Disebutkan nya bahwa sudah kurang lebih 8 tahun terakhir ini suku Manare menggelar acara Natal. Dirinya berharap melalui acara Natal ini, dapat membangun kebersamaan dan persaudaraan yang sempat terputus.

“Harapan saya tidak hanya melalui Natal ini, tetapi kebersamaan ini bisa terus dijaga kemudian dikembangkan, dipupuk, dipelihara, karena sangat banyak manfaatnya” ucapnya.

Sementara itu terpantau hadir dalam Natal kali ini, adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dirk Rayar, Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Fridolin Warkawani, kepala distrik Anotaurei, kepala kampung, para pelayan Tuhan jemaat GKI Sion Mantembu serta keluarga dari 47 marga

Sementara itu pada sambutan pemerintah daerah, yang dibaca oleh Dirk Rayar menyebutkan bahwa sesuai tema perayaan natal tahun ini memberikan pesan khusus untuk menjadi duta perdamaian melalu kasih yang tulus dan ikhlas kepada semua orang tanpa memandang suku, budaya, agama, status maupun golongan. Pemerintah Daerah juga mengajak warga masyarakat suku Manare untuk bersama melangkah maju  menggapai kehidupan yang lebih baik lagi di tahun baru.

(Foto : C.R.I)