Reporter : Andrew Woria

Biak – Hadir dalam pertemuan pemuda Saireri di Biak, pada Rabu, 27/10/2021 Bupati Tonny Tesar, S.Sos dipercaya kan sebagai Narasumber, bersama Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd., Serta Perwakilan Pemda Waropen dalam pertemuan tersebut. Dimana dalam penjelasan Pandangan Umum tentang perkembangan pembangunan di Papua secara umum dan secara khusus pembangunan di wilayah Saireri terlebih pada kabupaten kepulauan Yapen. Dijelaskan Bupati Tonny bahwa persoalan yang dihadapi adalah tentang percepatan pembangunan kawasan dengan melihat dana Otonomi Khusus yang terbatas, sebagai pemimpin di wilayah seireri seakan jalan di tempat, maka harus ada ruang yang lebih bagi daerah lain dengan cara demokrasi menurut kearifan lokalnya sendiri.

Ketika ditemui media, kepada Bupati Tonny Tesar menjelaskan bahwa melihat tema tentang soliditas pemuda saireri ini menunjukkan bahwa wilayah saireri ini bisa lebih maju lagi. Isu wilayah adat di Papua ini terus berkembang seiring dengan perubahan UU no. 2 tahun 2002 perubahan ke dua atas UU 21 tentang otonomi khusus Papua dimana membuka ruang untuk pemekaran di Papua berdasarkan wilayah adat. Dan ini adalah cara yang baik untuk membangun papua secara berkeadilan karena salah satu yang diharapkan adalah adanya pembangunan yang berkeadilan dengan tujuan mensejahterakan rakyat sehingga membangun daerah menurut karakteristik masyarakat nya ujarnya.

Dirinya berpesan kepada Pemuda Saireri bahwa harus melihat masa depan, karena setiap pemimpin ada masa nya, setia masa ada pemimpin nya tetapi pemuda harus jadi pemimpin untuk melakukan perubahan tuturnya.

Tak hanya dari Kabupaten Kepulauan Yapen, Bupati Kabupaten Biak Numfor juga memberikan materi pencapaian pembangunan di kawasan biak. Sementara dalam pemaparannya, tentang pembangunan di biak, Bupati Biak, Herry Ario Naap juga mengajak dan berpesan agar para pemuda Saireri dapat mengkritisi kinerja pemerintah daerah dengan data yang valid, apa yang jadi kekurangan pemimpin saat ini harus diperbaiki oleh generasi pemuda Saireri sebagai calon pemimpin masa depan.

(Foto : Andrew Woria)