Reporter: Andrew Woria

Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen bersama klasis GKI Yapen Selatan melakukan pertemuan serta rapat bersama yang berlangsung di gedung Gereja GKI Kapernaum Serui pada Hari Senin, 06/09/2021.

Ketika dikonfirmasi oleh Humas kepada Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos menjelaskan bahwa bahwa rapat ini terkait dengan pembentukan panitia transit sidang Sinode GKI ke XVIII tahun 2022 di Kabupaten Waropen. Kepanitiaan ini disusun dengan kolaborasi antara pemerintah daerah, dimana Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos sebagai Ketua dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc., S.Sos, MBA., sebagai Wakil Ketua Panitia serta Ketua Klasis sebagai Wakil Ketua Panitia 2. Kolaborasi antara pemerintah daerah – Gereja dan Klasis GKI Yapen Selatan dan Seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen yang akan ikut berpartisipasi dalam kepanitiaan ini ucapnya.

Panitia Transit yang dibentuk ini akan dikirimkan ke Sinode GKI di Tanah Papua di Jayapura untuk mendapatkan SK nya. Dijelaskan Bupati Kepulauan Yapen bahwa panitia Transit ini adalah bagian dari support system  terhadap panitia induk di Waropen.

“Jadi kami hadir dikepanitiaan ini sebagai panitia transit sub panitia dari panitia induk. Tentunya dari sinode akan memberikan SK, kami akan dilantik segera dan kami akan melakukannya Koordinasi dalam waktu dekat dengan panitia induk untuk mempersiapkan apa saja yang bisa dilaksanakan di kabupaten kepulauan Yapen terutama dalam mengurus tamu tamu yang datang dari luar waropen yang akan transit di kota Serui ini. ” Ujarnya.

Dijelaskan Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar bahwa panitia transit akan memberikan pelayanan mulai dari kedatangan dan paska selesai sedang Sinode GKI untuk mempersiapkan diri kembali ke daerahnya masing masing. Untuk diketahui bahwa Serui akan menjadi salah satu pintu masuk paling banyak sehingga panitia transit ini akan lebih sungguh-sungguh bekerja untuk bisa mempersiapkan yang terbaik demi suksesnya sidang sinode GKI ditanah Papua ke XVIII 2022 di kabupaten Waropen.

Bupati Tonny juga berterima kasih dalam rapat tersebut, Ketua Klasis Yapen Selatan dan jajarannya dapat memberikan masukan dan dukungan kepada pemerintah daerah sebagai panitia transit. Panitia Transit ini juga akan berkoordinasi sedini mungkin dengan melibatkan masyarakat seluruh masyarakat terutama masyarakat waropen di kota Serui agar sama sama dapat bersinergi untuk bekerja sama masuk dalam panitia transit.

Sementara itu, Ketua Klasis GKI Yapen Selatan, Pdt.Resli Birahi, S.Th dalam kesempatannya menjelaskan bahwa rapat pembentukan panitia transit ini adalah tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara badan pekerja AM Sonode GKI ditanah Papua bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen untuk membicarakan tentang persiapan panitia transit sidang sinode XVIII di Waropen. Hal ini pun mendapat apresiasi dari Klasis GKI Yapen Selatan atas partisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen dalam mensukseskan Sidang Sinode ditanah Papua.

Rapat ini akan ditindak lanjuti dengan komposisi panitia dan anggota yang akan diteruskan ke BP.AM Sinode GKI ditanah Papua guna di SK kan dan dilantik sehingga panitia dapat mengambil langkah langkah persiapan sebagai panitia transit.

(Foto : Robby Mesak)