Reporter : Andrew Woria

Serui – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos hadir sebagai inspektur upacara pada momen peringatan detik-detik proklamasi ke-76 tahun 2021 yang digelar oleh 5 Kampung di distrik Yapen Selatan. Ketika ditanyai oleh media kepada Bupati alasan memilih serta menyetujui lokasi Monumen kasih sebagai lokasi penyelenggaraan peringatan HUT RI ke-76, Bupati Tonny Tesar menyebutkan bahwa dari data kasus covid 19 di Kabupaten Kepulauan Yapen telah menunjukkan tren menurun, sehingga secara khusus pada distrik Yapen Selatan digelar di dua lokasi yaitu di kantor bupati Kabupaten Kepulauan Yapen serta di lokasi Kampung Serui laut distrik Yapen Selatan.

Di 5 kampung pada distrik Yapen Selatan ini data kasus covid 19 telah turun secara drastis, sehingga sebagai bentuk syukur dilangsungkan upacara dengan melibatkan masyarakat di 5 Kampung tersebut.

Selain itu Bupati juga menyampaikan alasan lain berlangsungnya kegiatan peringatan detik-detik proklamasi di Serui laut distrik Yapen Selatan.

” juga ingin menyampaikan bahwa kenapa kita lakukan upacara pada moment 17 Agustus tahun 2021 hari kemerdekaan Republik Indonesia di bukit Monumen kasih ini artinya kita ingin menyampaikan pesan kepada pada seluruh masyarakat, bahwa kita harus menjadikan simbol kita, dimana sejarah masuknya republik di Papua ini salah satu tempatnya adalah di serui laut yang merupakan basisnya merah putih dari zamannya almarhum Silas Papare.” Tuturnya.

Bupati Tonny Tesar menjelaskan bahwa pemerintah daerah telah membangun 1 monumen yang dinamakan Monumen kasih dalam satu bentuk patung Kristus Raja. Yang mana ini diyakini sebagai suatu momentum tonggak pembangunan peradaban baru bangsa Papua bahwa dahulu kehidupan di tanah Papua masih gelap, ketika masuk Injil maka teranglah seluruh peradaban di tanah Papua ini termasuk di Kabupaten Kepulauan Yapen.

” Untuk itu kita jadikan tonggak semangat merah putih tapi juga semangat untuk kita membangun peradaban orang Papua itu dari Injil Kristus. ini kita lakukan di sini dan kita yakini dengan semangat ini kita bisa membangun tapi juga bisa melawan pandemi virus covid 19 yang ada saat ini ” ujarnya.

(Foto : Robby Mesak)